Dinkes Laksanakan Imunisasi PCV 55.278 Bayi se-Kabupaten Tangerang

DINKES Kabupaten Tangerang telah memulai pemberian Imunisasi Pneumococcal Conjugate Vaccine (PCV) pada anak usia dua bulan, sesuai arahan Kementerian Kesehatan RI.

Program pemberian Imunisasi PCV telah mulai dilakukan secara serentak di seluruh puskesmas yang ada di wilayah Kabupaten Tangerang sejak September 2022.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kabupaten Tangerang, dr Sumihar Sihaloho, kemarin, mengatakan di Kabupaten Tangerang terdata sebanyak 55.278 bayi berusia dua bulan.

“Jadi target bayi usia 2 bulan tahun 2022 itu sebanyak 55.278 bayi dan target bulanan 4.650 bayi. Program pemberian imunisasi ini gratis,” ujar dr Sumihar Sihaloho yang akrab disapa dr Mingky.

Masyarakat diimbau untuk segera membawa anak-anaknya agar mendapatkan imunisasi PCV. Tidak perlu khawatir karena imunisasi aman bagi anak-anak.

“Untuk para orangtua, mari bawa anak-anaknya ke Posyandu atau Puskesmas terdekat untuk mendapatkan imunisasi PCV. Tidak perlu takut dan khawatir karena imunisasi ini aman bagi anak-anak karena fungsinya untuk melindungi mereka dari penyakit Radang Paru-Paru yang disebabkan oleh infeksi,” tambahnya.

Diinformasikan pelayanan imunisasi PCV ini dilakukan di puskesmas, posyandu, atau fasilitas-fasilitas pelayanan kesehatan lainnya yang memberikan layanan imunisasi.

lmunisasi PCV diberikan sebanyak 3 dosis. Dosis pertama pada usia 2 bulan, dosis kedua usia 3 bulan dan dosis ketiga pada usia 12 bulan. Vaksin ini diberikan gratis. Vaksin yang digunakan aman dan telah direkomendasikan WHO serta telah lulus uji dari BPOM.

Pemberian imunisasi PCV sangat penting bagi anak-anak Indonesia. Sebab, Pneumonia merupakan penyakit infeksi yang sangat endemis serta penyebab utama kematian pada bayi dan balita di dunia. Di Indonesia, sekitar 14,5% kematian pada bayi dan 5% kematian pada balita setiap tahunnya disebabkan karena Pneumonia.