Beri Pengetahuan Hamil & Melahirkan Sehat Dibuka Kelas Ibu Hamil

MENAMBAH pengetahun tentang kehamilan kepada para ibu hamil (bumil), Puskesmas Bojong Kamal di wilayah kerja Kecamatan Legok, membuka pelayanan Kelas Ibu Hamil di Desa Ciangir.

Sedikitnya 25 bumil terdata mengikuti kelas ini. Para ibu hamil rata-rata memiliki usia kandungan 5 minggu sampai 36 minggu jelang melahirkan.

Susi Deby Caroline, Bidan Desa Ciangir, kemarin, mengutarakan dalam kelas ibu hamil para bumil mendapat banyak pengetahuan tentang kehamilan. Mulai tentang sehat kehamilan sampai tata-cara melahirkan yang baik dan benar, serta merawat bayi setelah melahirkan.

Di kelas ini juga ada kegiatan ekstra Senam Ibu Hamil untuk bagi bumil usia kandungannya sudah mencapai 22 minggu atau 5 bulan. “Bila kurang dari usia kandingan itu, belum diperkenankan mengikutinya karena sebelum kehamilan mencapai 3 bulan peletakan janin dalam rahim belum kuat.”

Diharapkan dari kegiatan senam ini, selanjutnya bisa dipraktikan di rumah masing-masing peserta di setiap harinya. Tujuannnya agar bisa membantu memudahkan saat melahirkan, ucap Susi Deby Caroline.

Sementara dr Made Kusuma Dewi, Kepala Puskesmas Bojong Kamal, menambahkan kegiatan kelas ibu hamil banyak sekali manfaatnya. “Bila bumil mengikuti semua metode yang diberikan maka akan memudahkan dan melancarkan saat melahirkan secara normal.”

Selain itu, senam bumil akan memperkuat otot-otot yang nantinya berperan saat melahirkan, seperti Otot Tulang Pinggul, Otot Perut, dan Otot Paha.

Dalam phisikologi para bumil juga bisa memperkuat mental. Kondisi ini sangat membantu untuk menekan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) saat melahirkan, ucap dr Made Kusuma Dewi.

Lebih lanjut disampaikan, kegiatan senam bumil juga sangat membantu stamina dan kebugaran tubuh bumil saat dan sesudah melahirkan, serta dapat mengembalikan bentuk tubuh semula.