Tumbuh-kembang Anak-anak Prasekolah Dipantau Puskesmas Jambe

TERAPKAN Stimulasi Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang (SDIDTK), Puskesmas Jambe di wilayah Kecamatan Jambe, berusaha melakukan pemantauan dan pengawasan kesehatan anak-anak usia prasekolah di antaranya murid PAUD/TK/RA.

SDIDTK yang kini diterapkan para petugas kesehatan untuk mendeteksi secara dini tumbuh-kembang anak-anak. Tata-cara yang dilakukan dengan  memeriksa kesehatan anak usia prasekolah secara lengkap.

Kepala Puskesmas Jambe, dr R Astrid Heraline, kemarin, mengutarakan kegiatan SDIDTK rutin dilaksanakan saat melakukan kunjungan lokasi-lokasi tempat anak-anak prasekolah belajar. “Ada 36 tempat belajar dan bermain di wilayah kerja Puskesmas Jambe.”

Dalam pelaksanaannya, petugas melakukan pengukuran tinggi-badan, lingkar-kepala, barat-badan, serta menilai tumbuh-kembang anak. Pemeriksaan ini dilakukan sejak dini agar tidak terjadi penyimpangan kesehatan anak.

Sekaligus bila terjadi penyimpangan tumbuh-kembali, papar dr R Astrid Heraline, petugas dapat dengan segera mengintervensi kesehatan tersebut.