Cegah HIV, Sifilis & Hepatitis dari Ibu ke Bayi Lakukan Triple Eliminasi

MEMBERI pemahaman tetang Triple Eliminasi) bagi ibu hamil, Puskesmas Salembaran Jaya di wilayah Kecamatan Kosambi melakukan sosialisasinyakepada 30 ibu hamil di Desa Rawa Rengas.

Kegiatan yang dilaksanakan belum lama ini, bertujuan memberikan pemahaman pentingnya pemeriksaan Triple Eliminasi, berupa pemahaman tentang Tes HIV, Sifilis dan Hepatitis,  demi keselamatan ibu hamil dan bayinya.

Mulyadi, Kepala TU Puskesmas Salembaran Jaya, kemarin, mengatakan pemeriksaan tersebut merupakan Standar Pelayanan Minimal (SPM) untuk ibu hamil. “Jadi bagi ibu hamil agar rutin memeriksakan kandungannya ke puskesmas sekaligus melakukan tes tersebut.”

Diinformasikan program ini merupakan bagian dari program besar Pemkab Tangerang, yaitu Program Penyelamatan Ibu Hamil dan Bayi Baru Lahir di Kabupaten Tangerang.

“Untuk itu sebaiknya segera melakukan Pemeriksaan Triple Eliminasi di puskesmas sedini mungkin, guna mencegah kemungkinan penularan penyakit tersebut dari ibu ke bayi,” imbuh Mulyadi.

Kegiatan sosialisasi serupa ini juga telah dilaksanakan di 5 desa wilayah kerja Puskesmas Salembaran Jaya lainnnya, di antaranya di Desa Salembaran Jaya, Desa Salembaran Jati, Desa Rawa Rengas, Desa Rawa Burung, dan Desa Belimbing.