Puskesmas Kemiri Gelar Aktive Case Finding & Beri Terapi Pencegahan TBC

MENINGKATKAN upaya pencegahan kasus TBC di kalangan masyarakat, Puskesmas Kemiri di wilayah kerjanya Kecamatan Kemiri, menggelar kegiatan ACF (Aktive Case Finding) TBC dan pemberian TPT (Terapi Pencegahan TBC).

Kegiatan ini dilakukan para petugas kesehatan puskesmas bekerja-sama dengan Kemeterian Kesehatan RI dan Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang di Aula Kantor Kecamatan Kemiri, belum lama ini.

Kepala Puskesmas Kemiri, dr Yasir, kemarin, mengutarakan kegiatan ini sebagai salah-satu program puskesmas dalam mendektesi  secara dini kasus TBC, sekaligus berupaya penemuan kasus aktif TB Paru di masyarakat.

“Tujuannya agar pasien TB Paru bisa segera diobati sebelum menularkan ke yang lain,” katanya.

Dia bersyukur dalam pelaksanaan kegiatan itu, terlihat antusias masyarakat dalam mengikutinya. Dari data, tercatat yang melakukan X-Ray/Rontgen sebanyak 86 orang, TMC 12 orang, TST 79 orang, dan TPT 15 orang. Total skrining seluruhnya sebanyak 103 peserta.

“Kami juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk membantu mensukseskan program ini,” ajak dr Yasir. Bahkan diharapkan agar masyarakat yang mengalami batuk berkepanjangan pun untuk segera memeriksakan ke puskesmas atau klinik supaya dapat segera diobati, pungkasnya.