Puskesmas Mauk Validasi Data Balita Stunting di Desa Kedung Dalem

MEMETAKAN data balita kurang sehat, Puskesmas Mauk di wilayah kerjanya Kecamatan Mauk melakukan Validasi Data Balita Stunting.

Kegiatan ini di antaranya telah dilaksanakan di di Pos 1 dan 2 Desa Kedung Dalem pada 13 Januari 2023. Langkah ini sebagai sebagai salah-satu tugas jajaran puskesmas untuk menangani  masalah balita Stunting yang telah mendapatkan perhatian dan penanganan khusus dari pemerintah.

Kasubag TU Puskesmas Mauk, Yayah R Dewi, kemarin, mengatakan tujuan kegiatan Validasi Data Balita Stunting untuk pengukuran ulang balita stunting.

Cara dilakukan dengan melakukan verifikasi ulang menggunakan alat ukur dan cara ukur sesuai standar. Kegiatan ini kerjasama puskesmas dengan TP PKK Desa Kedung Dalem  dan kader kesehatan.

Adapun kegiatannya sendiri meliputi pengukuran berat-badan, tinggi-badan atau panjang-badan, serta wawancara pada keluarga balita.

Sebanyak 116 balita sudah dilakukan pengukuran ulang dan menunggu hasil analisa pemeriksaan dari petugas. Diharapkan setelah pengukuran ini akan didapat data valid sehingga dapat dilakukan penanganan balita  Stunding dengan baik. Pada gilirannya nanti di wilayah binaan Puskesmas Mauk tidak akan mengalami kenaikan stunting yang signifikan.