Terapkan Layanan Proaktif, Lansia Diajak Senam Bersama & Diperiksa Kesehatannya

MENERAPKAN sistem pelayanan kesehatan proaktif, Puskesmas Pasar Kemis mengajak  sedikitnya 20 lansia mengikuti senam kesehatan bersama yang dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan.

Kegiatan belum lama ini terprogram dalam acara Prolanis (Program Pengelolaan Penyakit Kronis) yang digelar Puskesmas Pasar Kemis di halaman belakang puskesmas.

Kepala Puskesmas Pasar Kemis, dr Hj Salwah, kemarin, mengutarakan kegiatan ini sebagai penerapan salah-satu sistem pelayanan kesehatan proaktif yang dilaksanakan puskesmasnya.

Kegiatan ini dilakukan secara terintegrasi yang melibatkan peserta, fasilitas kesehatan, BPJS dan Laboratorium Prodia, katanya

Adapun rincian pelaksanaannya, yaitu dimulai senam sehat, lalu dilanjutkan pemeriksaan kesehatan. Khusus bagi penderita penyakit kronis, dilakukan pengukuran tekanan daerah, menimbang berat badan, dan pemeriksaan laboratorium.

“Keterlibatan Laboratorium Prodia sudah rutin di setiap 6 bulan sekali. Di antaranya melakukan pemeriksaan secara kimia darah, urine dan HBA1c,” katanya. Selanjutnya bagi para peserta prolanis mendapatkan edukasi kesehatan dari dokter ahlinya.

Diharapkan dengan adanya kegiatan Prolanis ini, pada akhirnya, akan memberikan manfaat bagi para lansia dalam menjaga kesehatannya, pungkas dr Hj Salwah.