Dinkes Situbondo Kaji-banding BLUD ke UPT Labkesda Dinkes Kabupaten Tangerang

JAJARAN Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, melakukan kunjungan kerja (kunker) ke UPT Labkesda Dinkes Kabupaten Tangerang, awal pekan ini.
Senin 4 Juli 2022.
Rombongan tamu sebanyak 7 orang dipimpin oleh Sekretaris Dinkes Kabupaten Situbondo, Rina Widharnarini, SKM.,MKes Tamu diterima oleh Sekretaris Dinkes Kabupaten Tangerang dr H Achmad Muchlis, MARS dan Kasubag PEP & Umum , dr. Radianti Bulan M. Tobing., MKM didampingi Kepala UPT Labkesda dr M Jusran Jufri dan jajarannya. Rombongan tamu bertujuan melakukan kaji-banding dalam rangka akan diadakannya penilaian Labkesda Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) di Kabupaten Situbondo.
Diungkapkan rombongan tamu ini ingin mendapat referensi untuk bahan acuan BLUD di daerahnya. Untuk menuju ke BLUD disamping memenuhi persyaratan Subtantif, Teknis dan Administratif juga dibutuhkan support dari pemerintah daerah, terutama diawal beroperasinya BLUD dan komitmen dari Dinas Kesehatan untuk terus membina UPT yang BLUD demikian dr Bulan menjawab pertanyaan dari salah seorang tamu.


Selanjutnya dr. Jusran menyatakan bahwa UPT LABKESDA Kab Tangerang telah BLUD melalui Keputusan Bupati Tangerang No 440/Kep.1831-Huk/2021 tentang Penetapan Penerapan BLUD pada UPTD Labkesda pada Dinkes Kabupaten Tangerang.
Diinformasikan BLUD adalah sistem yang diterapkan oleh unit pelaksana teknis dinas/badan daerah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat yang mempunyai fleksibilitas dalam pengelolaan keuangan.
Kemudian tujuan dibentuknya BLUD adalah memberikan layanan umum secara lebih efektif, ekonomis dan bertanggung jawab dengan praktik bisnis yang sehat untuk membantu pencapaian tujuan pemerintah daerah.
Setelah beramah tamah di Dinkes Kab. Tangerang, rombongan melanjutkan kunjungan lapangan ke Gedung Labkesda yang terletak di Jalan Raya Cikupa KM 15 Kec. Cikupa Kabupaten Tangerang.