30 Anak Dari 3 Desa Ikuti Khitanan Massal Digelar Puskesmas Caringin

SEDIKITNYA 30 anak asal Desa Caringin, Desa Cirarab dan Desa Kemuning di Kecamatan Legok, mengikuti bakti-sosial khitanan massal yang digelar Puskesmas Caringin.

Bakti-sosial ini dilaksanakan terkait Peningkatan Pelayanan dan Memasyarakatkan Puskesmas Caringin digelar dalam 2 hari, yaitu 29 dan 30 Juni. Kegiatan inipun bertepatan pula dengan menyambut Hari Raya Idul Adha dan liburan anak sekolah.

Kepala Puskesmas Caringin, dr Tita Maulita, kemarin, menjelaskan pelaksanaan kegiatan ini berdasarkan rembukan rasa ingin berbagi dari Keluarga Besar Puskesmas Caringin, sekaligus mendukung program PMB (Praktek Mandiri Bidan).

Dikatakan khitan menjadi salah-satu upaya menjaga kesehatan dan kebersihan diri pada anak laki-laki, sebab khitan dapat mencegah terjadinya penyakit pada penis.

Khitan pun dapat mengurangi resiko terjadinya kanker pada penis dan kanker serviks, serta dapat memberikan kemudahan dalam membersihkan organ intim saat dewasa.

Lebih lanjut disampaikan dr Tita Maulita, “khitan sangat bermanfaat bagi kesehatan anak laki-laki saat menjadi dewasa di kemudian hari.