Dengan IVA Tes Mari Kita Deteksi Dini Kanker Serviks

Cisoka, 24 Oktober 2017 Tes inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) merupakan salah satu cara untuk deteksi dini penyakit kanker serviks atau kanker mulut rahim. Tes IVA diketahui tidak sakit dan dinilai efektif mendeteksi kanker serviks, untuk itu Puskesmas Cisoka berkerja sama dengan kantor Kecamatan Cisoka melakukan IVA tes secara gratis.

Acara tersebut dihadiri oleh Ibu Camat Cisoka yang merupakan ketu TP PKK Kecamatan Cisoka beserta ibu – ibu PKK kecamatan. dalam acara tersebut diikuti oleh 53 orang peserta dari berbagai Desa yang ada di Kecataman Cisoka.

Apa itu Pemeriksaan IVA?

Pemeriksaan IVA (Inpeksi Visual dengan Asam Asetat) adalah pemeriksaan servik dengan melihat langsung servik setelah memulas servik dengan larutan asam asetat 3 – 5 %. Bila setelah pulasan asam asetat 3 – 5 % ada perubahan warna, yaitu tampak bercak putih, maka kemungkinan ada kelainan tahap pra kanker. Wanita yang dianjurkan untuk tes IVA yaitu usia 30 – 50 tahun.Metode IVA dirancang untuk masyarakat yang jauh dari fasilitas kesehatan. Syarat mengikuti test IVA , antara lain : sudah menikah, tidak sedang datang bulan/haid , tidak sedang hamil.

Kelebihan pemeriksaan IVA:

a. Mudah, praktis dan sederhana.

b. Butuh bahan dan alat yang sederhana dan murah.

c. Sensitivitas dan spesifikasi cukup tinggi.

d. Dapat dilaksanakan oleh tenaga kesehatan bukan dokter Ginekologi saja, akan tetapi dapat dilakukan oleh bidan di setiap tempat pemeriksaan kesehatan ibu atau dilakukan oleh semua tenaga medis terlatih.

e. Alat-alat yang dibutuhkan dan tehnik pemeriksaan sederhana.

f. Metode skrining IVA sesuai untuk pusat pelayanan sederhana.

Hasil pemeriksaan lebih cepat dan singkat karena langsung bisa dilihat pada perubahan warna serviknya. Berbeda dengan Pap smear yang membutuhkan waktu 7-10 hari untuk melihat hasilnya.

Dalam kegiatan yang di ketuai oleh Hj. Iyam Nursamsyiah selaku Bikor Puskesmas Cisoka berjalan cukup lancar. Dari 53 peserta yang diperiksa hasilnya tidak ditemukan IVA positif.

 

About

You may also like...

Comments are closed.