Sosialisasi Jumantik di Desa Cibugel

Cisoka, 17 Oktober 2017. Acara yang hanya dihadiri 20 orang peserta diantaranya oleh Kader, RT, RW, Sekdes dan staf Desa Caringin dibuka langsung oleh Siti Kusmiati selaku pemegang program Survailans Puskesmas Cisoka.

Dalam acara tersebut dijelaskan apa itu penyakit DBD. Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) adalah penyakit menular yang disebabkan oleh nyamuk aedes aegypti yang tanda dan gejalanya demam tinggi yang disertai nyeri kepala, ulu hati, belakang bola mata, nyeri sendi dan otot, tidak mau makan, susah buang air besar (BAB) mual dan nyeri tenggorokan. Selain itu ada juga tanda perdarahan berupa bintik merah di kulit, mimisan, gusi berdarah, muntah darah bahkan BAB darah.

Pertolongan pertama pada penderita DBD adalah dengan memberikan minum 4-6 gelas per hari, larutan oralit, beri obat penurun demam, kompres dengan air hangat dan bawa segera ke Puskesmas/ klinik terdekat.

Adapun ciri-ciri nyamuk aedes aegypti adalah : nyamuk berwarna hitam bintik-bintik putih di badan dan kakinya, biasanya menggigit pada pagi dan sore hari dan nyamuk hidup didalam rumah atau sekitar terutama yang agak gelap, lembap dan kurang sinar matahari. Tempat perkembangbiakan nyamuk ini biasanya pada drum, kaleng bekas, botol bekas, ban bekas yang pada musim hujan terisi air, kolam ikan yang sudah tidak difungsikan lagi, dll.

Cara pencegahan penyakit DBD yaitu dengan cara memperhatikan dan membersihkan tempat perkembang biakan nyamuk aedes aegypti dengan cara Pemberantasa Sarang Nyamuk (PNS) dan 3M ( mengubur, menguras dan menutup) semua penampuangan air.

 

About

You may also like...

Comments are closed.