Kemitraan Bidan dan Dukun

Cisoka, 17 Oktober 2017. Bertempat di Aula Kecamatan Cisoka telah diadakan kegiatan kemitraan antara bidan dan dukun, acara yang dibuka oleh Bapak Wiryanto selaku Koramil Cisoka dan dihadiri oleh dukun paraji yang ada di wilayah kerja Puskesmas Cisoka serta oleh bidan Puskesmas sendiri.

Dalam acara tersebut juga dr. Endah Dwi Putrianti selaku Kepala Puskesmas Cisoka memaparkan bahwa angka Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) di Kecamatan Cisoka adalah yang tertinggi di Kabupaten Tangerang, untuk itu diharapkan kegiatan tersebut diharapkan dapat menurunkan angka AKI dan AKB, untuk itu semua ibu bersalin harus bersalin di tenaga kesehatan tidak boleh lagi bersalin dirumah. Faktor tingginya AKI dan AKB ini disebabkan oleh kurang gizi, anemia, penyakit menahun, lambat tertangani dalam protap kegawat daruratan, ANC tidak terkontrol dan tidak lengkap dan tekanan darah tinggi.

Kemitraan bidan dan dukun ini bertujuan untuk meningkatkan akses ibu dan bayi terhadap pelayanan kesehatan yang berkualitas dan meningkatkan peran dukun paraji dari penolong persalinan menjadi mitra bidan. Adapun peran dukun dalam kemitraan ini diantaranya :

  1. Memotivasi ibu hamil untuk periksa ke Puskesmas/Posyandu/bidan
  2. Mengantar ibu hamil yang tidak mau periksa ke Puskesmas/Posyandu/bidan
  3. Membantu bidan pada saat pemeriksaan ibu hamil
  4. Penyuluhan terhadap ibu hamil
  5. Memotivasi ibu hamil dan keluarga untuk periksa pasca persalinan
  6. Melaporkan kepada bidan apabila ada ibu hamil baru

Kemitraan bidan dan dukun ini mendapatkan hasil kesepakatan :

  1. Dukun tidak boleh menolong persalinan
  2. Bila ada yang bersalin harus memanggil bidan
  3. Fee disepakatan RP. 75.000 jika pasien yang dibawa lahir
  4. Dukun harus ikut KPKIA
  5. Sangsi Rp. 500.000,- bila dukun masih menolong persalinan (uang untuk kas Posyandu)
  6. Fee yang diberikan untuk pasien yang dirujuk ke RS Rp. 25.000 ( pasien yang belum dilakukan tindakan apapun oleh dukun)

 

About

You may also like...

Comments are closed.