Keluarga Sejahtera, Ibu Sehat Bayi Selamat dan Bebas Anemia

Cisoka 12 Oktober 2017, Bertempat di Desa Bojong Loa Kecamatan Cisoka Kabupaten Tangerang dilakukan penyuluhan “Anemia pada Ibu Hamil” yang dibuka oleh Kepala Desa Bojong Loa, acara dihadiri oleh 25 orang ibu hamil, sebagai narasumber oleh Netti Novianti, SST yaitu sebagai penangung jawab PONED Puskesmas Cisoka.

Kegiatan tersebut dilakukan mengingat analisa dari PWS KIA di Puskesmas Cisoka pada triwulan II kasus anemia pada ibu hamil semakin tinggi, begitu pula kasus persalinan dan rujukan di Poned Puksesmas Cisoka banyak didominasi oleh kasus perdarahan dan anemia.

Setelah dilakukan penyuluhan tentang pentingnya pemriksaan pada ibu hamil kegiatan dilanjutkan dengan deteksi dini anemia dengan melakukan pemeriksaan HB dan Golongan darah dan protein urinuntuk 25 peserta tersebut, dari hasil pemeriksaan tersebut didapatkan hasil sebanyak 70% ibu hamil menderita anemia dan hanya 30% saja yang normal.

dari 70% positif anemia sebanyak 45% dengan anemia ringan dan 25% dengan kasus anemia berat. Hasil pemeriksaan tersebut Kepala Desa berpesan kepada peserta (Bumil) untuk melakukan pemeriksaan rutin kehamilan ke Posyandu maupun ke Puskesmas, dan diharapkan semua ibu hamil melakukan persalinan di Puskesmas.

About

You may also like...

Comments are closed.