Kunjungan Rumah Pasien Jiwa dari Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang

Cisoka 10 Oktober 2017, Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang melalui seksi Penyakit Tidak Menular (PTM) telah melakukan kunjungan rumah bagi pasien gangguan jiwa di wilayah kerja Puskesmas Cisoka.

Melalui perwakilannya yaitu H. Pirmansyah, S.Kep.Msi dan H. Johari Efendi melakukan lawatan ke Desa Cisoka yaitu tepatnya di Kp. Lukun RT 02 RW 01 kerumah Pasien yang bernama Tn. M usia 39 Tahun, beliau mengalami gangguan jiwa sejak tahun 2013. Setelah itu kunjungan dilanjutkan ke rumah Tn. A yang beralamat di Kp. Sadang RT 04 RW 03 Ds. Cempaka Kec. Cisoka.

Tn. A merupakan satu-satunya pasien jiwa binaan Puskesmas Cisoka yang masih di pasung karena kondisi mentalnya masih belum stabil, pasien masih sering mengamuk dan membahayakan warga sekitar. Tetapi dibandingkan pada awal penanganan Puskesmas pasien jauh lebih terkontrol dan sudah banyak perkembangan ke arah yang lebih baik.

Dalam lawatannya kedua petugas dari Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang sangat mengapresiasi keberhasilan penanganan gangguan jiwa oleh Puskesmas Cisoka, terbukti selain banyaknya pasien gangguan jiwa yang sudah sembuh banyak juga pasien yang berasal dari wilayah kerja Puskesmas bahkan ada yang dari luar Kabupaten, contohnya dari Serang.

Puskesmas cisoka merupakan Puskesmas yang paling banyak menangani pasien jiwa yaitu ada 110 pasien dengan diagnosa yang berbeda, tetapi kebanyakan merupakan pasien Schizofrenia dan Gangguan Psikotik Kronik Lain. Terakhir petugas Puskesmas yang diwakili oleh dr. H. Sugiyani HAB dan M. Tijarudin berpesan kepada perwakilan dari Dinas Kesehatan agar stok obat oral (minum) dan obat Inject (suntikan) harus lebih banyak lagi persediannya demi kelancaran penaganan kasus jiwa tersebut.

About

You may also like...

Comments are closed.