Tim Penilai Lomba Kota Sehat Kagum Lingkungan Bebas Asap Rokok

KELAPA DUA – Tim Penilai Lomba Kota Sehat Tingkat Nasional yang datang ke wilayah Kelapa Dua memperlihatkan kekagumannya melihat lingkungan RT 03/RW 07 Kelurahan Kelapa Dua, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang yang bebas asap rokok.
Tim yang datang pada Rabu 20 September 2017 diterima Camat Kelapa Dua didampingi Ketua FKS Kecamatan Kelapa Dua dan Kepala UPT Puskesmas Kelapa Dua di Aula Kantor Kecamatan Kelapa Dua.
Sebelum meninjau lokasi, tim mendapat paparan terinci tentang pengembangan program di atas yang masuk dalam tatanan kawasan kehidupan masyarakat sehat yang mandiri dan kehidupan sosial yang sehat.
Setelah itu, tim meninjau lingkungan RT 03/RW 07 Kepala Dua yang telah mengembangkan kawasan bebas asap rokok, lalu ke lokasi pasar sehat tradisional, ke Kampung Hijau PHBS RW 06 dan Panti Werda Islamic.
Dr Radianti Bulan Merliana, Kepala Puskesmas Kelapa Dua, mengutarakan untuk menciptakan lingkungan yang sehat diperlukan kerja-sama yang baik dari seluruh elemen masyarakat sehingga terbentuknya kesadaran masyarakay dalam menjaga kebersihan serta kesehatan lingkungan.
Misalnya di lingkungan itu dikomitmen tidak ada warga yang merokok di dalam rumah. Bila warga ingin merokok ada tempat pojok rokok yang telah di sediakan.
Sementara Kampung Hijau PHBS memiliki potensi luar biasa dengan hampir setiap pekarangan atau halaman rumah warga memiliki tanaman keluarga. Misalnya telah dikembangkan minuman Jamu Kunyit Asam, Jamu Beras Kencur, Wedang Sinom, Es Mentimun, Puding Naga, Wedang Sereh, Sirup Bunga Belimbing Wuluh, Roti Pandan Seji Selai Buah Mengkudu, Nasi Uduk Kembang Teleng dan Minyak Sereh.
Ditambahkan Yulia Minarty SKM, Pemegang Tugas Program Kesling Puskesmas Kelapa Dua, terciptanya kemudahan pembinaan di wilayahnya karena masyarakat memiliki kesadaran menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan. “Petugas cukup hanya sebulan sekali melakukan pembinaan sementara program berjalan lancar.”
Terkait mengikuti kegiatan lomba, pihaknya memberi pembinaan dalam penyusunan administrasi masing-masing bidang dengan baik dan benar. “Kini setiap kegiatan yang dilaksanakan dilaporkan dalam bentuk laporan tertulis disertai foto kegiatan yang bertanggal,” ucapnya.

About

You may also like...

Comments are closed.