Warga Diajak Puskesmas Suradita Terapkan PHBS

CISAUK – Puskesmas Suradita menggelar penyuluhan mengenai Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) kepada warga Desa Dangdang dan Desa Mekar Wangi di Kecamatan Cisauk, Minggu (23/10/2016).

Hj Wirahayu SKM, Kepala Puskesmas Suradita, mengatakan penyuluhan PHBS dilakukan sebagai upaya promotif mengubah perilaku yang tidak sehat menjadi berprilaku sehat. “Karena faktor perilaku memiliki andil 30–35% terhadap derajat kesehatan.”

Adapun materi yang diberikan dalam penyuluhan itu adalah 10 Indikator PHBS Dalam Tatanan Rumah Tangga, yaitu: (1) Persalinan Ditolong oleh Tenaga Kesehatan: (2) Memberi Bayi ASI Ekslusif; (3) Menimbang Bayi dan Balita Setiap Bulan; (4) Menggunakan Air Bersih; (5) Mencuci Tangan dengan Air Bersih dan Sabun.

(6) Menggunakan Jamban Sehat; (7) Memberantas Jentik di Rumah; (8) Makan Buah dan Sayur Setiap Hari; (9) Melakukan Aktivitas Fisik Setiap Hari; (10) Tidak Merokok di Dalam Rumah.

“Diharapkan akan ada perubahan perilaku warga sesuai dengan 10 indikator PHBS dalam tatanan rumah tangga,” ujar Hj Wirahayu, SKM.

Diinformasikan penyuluhan PHBS yang dilakukan Puskesmas Suradita ini dilaksanakan berbarengan dengan kegiatan bakti-sosial yang digelar Majelis Taklim Masjid Al-Hakim Sektor XII BSD. Adapun bakti sosial yang dilakukan berupa pembagian sembako gratis kepada sejumlah warga yang membutuhkan di kedua lokasi desa tersebut.

About

You may also like...

Comments are closed.