Puskesmas Kronjo Dofu Imunisasi Lengkap ke 10 Desa

KRONJO – Mulai pertengahan Oktober 2016, Petugas Puskesmas Kronjo melaksanakan kegiatan Drop Out Follow Up (Dofu) Imunisasi kepada bayi dan batita berusia 0-3 tahun dengan mendatangi rumah-rumah warga pemilik bayi dan balita.

Kegiatan ini untuk menjaring kelengkapan imunisasi bayi dan batita ini dilaksanakan secara bertahap kepada bayi dan batita pada 10 desa yang ada di wilayah kerja Puskesmas Kronjo dengan jumlah sasaran 872 bayi dan batita.

Berdasarkan data cakupan imunisasi yang ada, masih banyak bayi dan batita belum diimunisasi dengan lengkap, disebabkan orangtua bayi dan batita enggan mengimunisasi anaknya karena kekhawatiran terjangkit demam. Padahal imunisasi lengkap akan memberi kekebalan tubuh bayi dan batita dari beragam penyakit yang Dapat Dicegah dengan Imunisasi (PD3I).

Terkait kegiatan Dofu, para petugas kesehatan dalam operasionalnya dibantu para kader kesehatan desa dengan cara mendatangi rumah warga yang memiliki bayi dan balita yang belum lengkap imunisasi dasarnya, dan langsung diberikan imunisasi dilokasi.

Keterangan diperoleh di lapangan, rata-rata para orangtua bayi dan balita merasa khawatir anaknya diimunisasi dengan suntikan, tetapi petugas memberikan pemahaman tentang pentingnya anak mereka mendapat imunisasi lengkap. Setelah diberi pemahaman, akhirnya para orangtua bayi dan balita mengerti dan mau anaknya diimunisasi.

dr M Faridzi Fikri, Kepala Puskesmas Kronjo, Senin (17/10), mengutarakan pelaksana Dofu Imunisasi melibatkan para kader kesehatan dan intansi terkait. Kegiatan ini sendiri untuk meningkatkan cakupan imunisasi dasar lengkap (IDL) agar tercapai kekebalan populasi guna menurunkan angka kesakitan/kematian pada bayi dan balita dari Penyakit-penyakit yang Dapat Dicegah dengan Imunisasi (PD3I).

About

You may also like...

Comments are closed.