Pusling Kemeri Disambut Positif Masyarakat di Pelosok-pelosok

KEMERI – Memperluas cakupan layanan kesehatan kepada masyarakat di pelosok-pelosok wilayah, Petugas Puskesmas Kemeri di setiap harinya memberi layanan puskesmas keliling (PUSLING) dengan menggunakan mobil ambulance.

dimulai sejak pekan I sampai pekan III di setiap bulannya ke pelosok-pelosok wilayah di 9 desa. Desa-desa itu yaitu Desa Kemiri, Klebet, Ranca Labuh, Patramanggala, Karang Anyar, Lontar Legok, dan Sukamaju.

“Dengan pelayanan pusling ini masyarakat terbantu dalam mendapat layanan kesehatannya…” kata H Agus Mulyawan SKM, Kepala Puskesmas Kemeri Kamis (29/9/2016).

Kegiatan pusling ini bisa digelar di rumah kepala desa, kantor desa, atau gedung posyandu, sesuai kesepakatan kepala desa dan pengurus posyandu dengan fokus memudahkan masyarakat untuk memeriksa kesehatannya dan berobat.

Agus Mulyawan mengakui sebelumnya adanya keluhan sejumlah warga yang merasa kesulitan untuk datang ke puskesmas karena lokasinya agak jauh. “Oleh karena itu kami sepakat untuk melakukan layanan jemput-bola kepada masyarakat.”

Namun, dikatakannya, dalam pelayanan pusling hanya sebatas pemeriksaan gangguan kesehatan dan pemberian obat, sedangkan untuk penanganan yang intensif akan diberikan surat rujukan ke rumahsakit.

Bidan Nurlelah, Koordinator Pusling Kemeri, mengakui dengan adanya pelayanan pusling ke desa-desa, kini minat masyarakat berobat semakin meningkat. Bila sebelumnya ada warga sakit lebih suka ke dukun atau orang pintar, kini mereka ke pusling.

About

You may also like...

Comments are closed.