Dikenalkan Konseling Remaja Online Bersama Puskesmas

TIGARAKSA – Memberikan kemudahan dan kelancaran para remaja mengikuti konseling kesehatannya, Dinkes Kabupaten Tangerang menggelar Kegiatan Pertemuan Remaja Online Bersama Puskesmas.
Kegiatan sosialisasi memberi layanan kesehatan yang dilaksanakan Seksi Kesehatan Remaja dan Lanjut Usia pada Bidang Kesehatan Keluarga di Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, digelar di Gedung Perpustakaan Kabupaten Tangerang di Tigaraksa, Selasa (27/9).
Untuk percontohannya, ada 5 puskesmas yang ditunjuk untuk menjalankan program ini. Yaitu Puskesmas Balaraja, Puskesmas Kuta Bumi, Puskesmas Pasir Jaya, Puskesmas Kelapa Dua dan Puskesmas Cisoka.
Dalam kegiatan pemaparan sosialisasi konseling itu, dilibatkan para pelajar 10 SMP dan SMA yang ada di wilayah kerja 5 puskesmas tersebut. Masing-masing sekolah mengirimkan 2 pelajarnya dan seorang guru pendamping untuk mengikuti kegiatan ini.
Toha SKM MSI, Kasi Kesehatan Remaja dan Lanjut Usia pada Dinkes Kabupaten Tangerang, menjelaskan tujuan kegiatan ini untuk memberikan kemudahan kepada para remaja melakukan konseling kepada para petugas puskesmas tanpa harus mendatang puskesmas. Mereka cukup menggunakan telepon, atau SMS/WA, atau Line untuk melakukan konseling.
Diharapkan para peserta dan guru pendamping yang mengikuti sosialisasi ini selanjutnya bisa menyampaikan program online ini kepada masyarakat, remaja dan pelajar lainnya.
“Bila program ini berhasil, maka berikutnya akan ditindak-lanjuti ke puskesmas-puskesmas yang sudah memiliki program pelayanan kesehatan remaja,” kata Toha.
Sesuai rencana, setiap puskesmas yang telah memiliki program ini akan ditempatkan seorang petugas yang dapat menjawab konseling tersebut.

About

You may also like...

Comments are closed.