Puskesmas Cikuya Ajak Bumil Bersalin di Puskesmas

SOLEAR – Dalam rangka menurunkan jumlah kematian ibu melahirkan dan bayi baru lahir di wilayah kerjanya, jajaran Puskesmas Cikuya, Kecamatan Solear, Kabupaten Tangerang, terus menjalin kerja-sama dengan dukun paraji untuk melakukan pembinaanya kepada masyarakat.

Pembinaan dimaksud antara lain dengan menggelar pertemuan dengan para dukun paraji yang dihadiri oleh pihak kecamatan, polsek, koramil, termasuk PKK dan Pengurus Fopkia Kecamatan Solear. Pertemuan 6 bulanan ini, belum lama digelar di Aula Puskesmas Cikuya yang dihadiri 30 dukun paraji.

Dalam pertemuan, puluhan paraji itu diberikan pemahaman untuk tidak memberikan pelayanan melahirkan kepada ibu hamil karena dilarang undang-undang, yang akan memberi sanksi hukum bagi pelanggarnya.

Sesuai aturan, dukun paraji diharapkan merujuk ibu hamil yang akan melahirkan ke puskesmas atau klinik bersalin terdekat, papar drg Eko Hartati, Kepala Puskesmas Cikuya, Sabtu (17/9/2016).

Diakui di wilayah kerja puskesmasnya, sebelumnya masih cukup banyak warga yang melahirkan menggunakan bantuan dukun paraji. Namun setelah beberapa kali mengikuti pertemuan yang memberikan pemahaman, dilanjutkan dengan membuka kelas ibu hamil di beberapa desa, kini masyarakat mulai memahami pentingnya melahirkan di puskesmas cikuya.

Pada akhirnya, kini sudah banyak pula dukun paraji yang menjadi mitra puskesmas sehingga mereka mau mengantar dan merujuk ibu yang akan melahirkan ke puskesmas.

Setiap dukun paraji yang mengantar ibu hamil yang akan melahirkan ke puskesmas, mendapat bantuan transport Rp 50.000 dari puskesmas dan bila ikut merujuk mendapat uang transport Rp 100.000.

About

You may also like...

Comments are closed.