Kelas Ibu Hamil Ada di Desa-desa Kecamatan Kronjo

KRONJO – Meningkatkan program Gerakan Penyelamatan Ibu Melahirkan dan Bayi Baru Lahir, Petugas Puskesmas Kronjo membentuk kelas ibu hamil di tiap desa.
Dalam kelas ini, para peserta yaitu para ibu hamil akan mendapatkan materi tentang perencanaan persalinan, mulai fisik, mental, tanda-tanda bahaya dalam kehamilan, sampai perencanaan keuangan dalam persalinan.
Lalu, peserta pun mendapat penjelasan tentang fasilitas kesehatan yang akan diakses dalam persalingan, mulai kendaraan yang akan membawa ibu hamil ke fasilitas persalinan dan tenaga medis yang siap membantu persalinan.
Materi-materi ini selalu disampaikan di setiap kali pertemuan yang dilaksanakan 4 kali dalam sebulan, papar Bidan Hj Ida Humaidah, Koordinator Kelas Ibu Hamil Puskesmas Kronjo, Jumat (9/9).
Diungkapkannya dengan terbentuknya kelas-kelas ibu hamil di setiap desa berkorelasi dengan penurunan angka kematian ibu melahirkan dan anak baru lahir. Ini disebabkan para ibu hamil sudah mendapat pengetahuan tata-cara mempersiapkan diri dalam melahirkan serta resiko yang akan dialami bila tidak mengikuti petunjuk yang benar.
dr M Faridzi Fikri, Kepala Puskesmas Kronjo, berharap para peserta kelas ibu hamil yang sudah mendapat pengetahuan bisa menginformasikan kembali pengetahuannya kepada ibu hamil dan warga di desanya. Bahkan sangat dianjurkan agar mereka bisa mengikuti kegiatan serupa di kelas-kelas ibu hamil yang ada.
Sisi lainnya, dalam kelas ibu hamil pun para ibu hamil akan disertakan dalam senam ibu hamil yang dilakukan mulai usia kandungan 6 bulan ke atas. Senam ini bermanfaat membantu memudahkan proses melahirkan.

About

You may also like...

Comments are closed.