Diminati Kelas Ibu & Balita Binaan Puskesmas Pasir Jaya

CIKUPA – Memberikan pengetahuan tentang kesehatan balita, Petugas Puskesmas Pasir Jaya di Kecamatan Cikupa, Kabupaten Tangerang, mengadakan Kelas Ibu dan Balita di Desa Pasir Gadung yang diikuti 25 orangtua balita.
Di kelas ini, para petugas memberikan pengetahuan tentang cara merawat balita yang baik dan benar, cara memberikan makanan dan minuman balita yang berasupan gizi seimbang, dan cara mengatasi balita sakit dengan penanganan emergenci.
“Semua pengetahuan ini bisa didapatkan orangtua balita dalam kegiatan Kelas Ibu dan Balita yang digelar setiap sebulan pada kegiatan posyandu,” tutur Yusdiana, Kepala TU Puskesmas Pasir Jaya, Rabu (7/9/2016).
Dikatakan dalam kegiatan ini, para orangtua juga mendapatkan pengetahuan memberikan asupan gizi balita yang baik tetapi tidak perlu mahal dan mewah. Selain itu, diberikan pula tata-cara menjaga kesehatan lingkungan agar dapat terhindar dari penyakit, semisal DBD yang disebabkan gigitan nyamuk Aedes Aegypti.
Terkait itu, para orangtua diminta untuk rajin melakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) di rumahnya masing-masing dua kali dalam seminggu dan melakukan penaburan abate pada tempat-tempat penampungan air paling sedikit dua minggu sekali.
Bidan Sri Wahyuningsih, Pemegang Program Kelas Ibu dan Balita di Desa Pasir Gadung, mengakui awalnya membentuk kelas ini memang sulit karena mereka malas dan segan. Namun atas kesabaran dan keuletan para pembina dan kader posyandu mengajak dan menyosialisasikan pentingnya kegiatan ini, akhirnya terbentuk kelas ini.
Kini para anggota kelas ibu dan balita tak segan lagi mengkonsultasikan masalah kesehatan balita yang dialaminya secara langsung kepada bidan. Akhirnya banyak orangtua balita tertarik untuk mengikuti kelas ini. Kini hampir di setiap desa memiliki kelas ibu dan balita dengan anggota yang relatif banyak.

About

You may also like...

Comments are closed.