Puskesmas Kuta Bumi Gelar Penelitian Kesehatan Reproduksi

PASARKEMIS – Pada pekan kedua Agustus Puskesmas Kuta Bumi bersama Kementerian Kesehatan RI megadakan penelitian kesehatan reproduksi bagi ibu hamil yang didatangkan dari 5 desa dan 4 kelurahan di wilayah kerja puskesmas itu.
Dalam kegiatan ini, para petugas memeriksa uji sampling 90 ibu hamil yang diambil masing-masing 10 orang dari 5 desa dan 4 kelurahan. Hasil sementara yang didapat petugas dari sampling itu adalah masih ada kekurang-pahaman para ibu hamil dalam menjaga kesehatan reproduksinya.
Padahal kekurang-pahaman itu bisa menyebabkan gangguan kesehatan kepada para ibu hamil itu, semisal terkena penyakit kelamin, sipilis, dan lebih serius terjangkit HIV.
drg Cristina Handar Mujati, Kepala Puskesmas Kuta Bumi, Sabtu (27/8/2016), mengakui penduduk di wilayah kerjanya hampir mencapai 300 ribu jiwa. Sebagian besar adalah penduduk pendatang dengan banyak penanganan kasus penyakit ringan hingga berat.
Dengan adanya kasus reproduksi ibu hamil, kata dia, memotivasi pihaknya untuk segera membuka Klinik IMS agar para pasien bisa berobat dan berkonsultasi secara pribadi di dalam klinik tersebut.
Langkah ke depan dalam melakukan pencegahan penyakit reproduksi, “kami akan mengadakan penyuluhan ke tiap desa dan kelurahan tentang kesehatan reprodusi.

About

You may also like...

Comments are closed.