Ormas Dukung Dinkes Tingkatkan PHBS Masyarakat

TIGARAKSA – Seksi PSMK (Pengembangan Sistem Informasi Kesehatan) pada Bidang Pemberdayaan Masyarakat di Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang menggelar Pertemuan Penguatan Kemitraan Dengan Organisasi Masyarakat (Ormas) terkait Peningkatan PHBS Masyarakat Kabupaten Tangerang.
Acara berlangsung di Aula Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, Senin (29/8/2016), menampilkan narasumber ahli dari Dinas Kesehatan Provinsi Banten, ahli dari Sekretariat Daerah Kabupaten Tangerang dan Pengurus MUI Kabupaten Tangerang.
Peserta adalah pengurus dan anggota berbagai ormas, di antaranya Muslimat NU, KNPI, Patayat NU, Al-Hidayah, Pokia dan PKK Kabupaten Tangerang.
Dalam pertemuan itu, para pengurus ormas bersama anggotanya menyatakan kesiapan mereka membantu dan mendukung program pemerintah dalam meningkatkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di lingkungan masyarakat. Selama ini harus diakui masih banyak masyarakat terkesan kurang peduli terhadap PHBS untuk menciptakan keluarga sehat.
Adapun indikator keluarga sehat, s.b.b: A. Program Gizi, Kesehatan Ibu dan Anak. Program ini terdiri dari: (1) Keluarga mengikuti KB; (2) Ibu bersalin di faskes; (3) Bayi mendapat imunisasi dasar lengkap; (4) Bayi diberi ASI eksklusif selama 6 bulan; (5) Pertumbuhan balita dipantau setiap bulan dengan datang ke posyandu.
B. Pengendalian Penyakit Menular dan Tidak Menular. Program ini terdiri dari: (1) Para penderita TB-Paru berobat sesuai standar; (2) Penderita Hipertensi berobat secara teratur; (3) Para penderita penyakit gangguan jiwa agar tidak diterlantarkan.
C. Perilaku dan Kesehatan Lingkungan. Program ini terdiri dari: (1) Tidak ada anggota keluarga yang merokok; (2) Keluarga memiliki atau menggunakan air bersih; (3) Keluarga memiliki atau menggunakan jamban sehat; (4) Setiap keluarga menjadi anggota JKN/Askes.
Hj Murwani SSit MM.Kes, Kasi PSMK pada Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, berharap pertemuan ini dapat membuahkan MoU atau kesepakatan para pengurus ormas dengan dinas kesehatan dalam membantu masyarakat meningkatkan PHBS, baik di rumahnya maupun di lingkungannya.
Program ini penting dengan tujuan menjaga kesehatan rumah dan lingkungan, serta bisa membantu penyelamatan ibu melahirkan dan bayi baru lahir, termasuk mendukung pemberian ASI eksklusif.

About

You may also like...

Comments are closed.