12 Puskesmas di Kabupaten Tangerang Menuju Akreditasi

KELAPA DUA – Puskesmas Kutai menjadi salah-satu tempat penyelenggaraan Road Map Penyusunan Dokumen Akreditasi untuk 12 puskesmas di Kabupaten Tangerang, Jumat (20/8).
Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Puskesmas Kutai yang dihadiri perwakilan dari 12 puskesmas yang mengikuti Program Menuju Puskesmas Terakreditasi dari Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang.
dr Tri Retno Wulandari, Kepala Puskesmas Kutai, mengatakan acara ini merupakan rangkaian kegiatan dalam persiapan menuju puskesmas terakreditasi di Kabupaten Tangerang. “Tahun ini direncanakan ada 12 puskesmas yang terakreditasi.”
Dijelaskan Akreditasi Puskesmas secara umum adalah upaya meningkatkan manajemen mutu pelayanan yang ada di puskesmas baik dari peralatannya serta pelayanan yang sesuai dengan standar dan berorientasi kepuasan pelanggan.
Beberapa puskesmas yang mengikuti program ini, di antaranya Puskesmas Kutai, Puskesmas Sindang Jaya, Puskesmas Curug, Puskesmas Kelapa Dua, Puskesmas Teluk Naga, Puskesmas Balaraja, Puskesmas Rajeg, Puskesmas Cikupa, Puskesmas Sepatan, Puskesmas Kronjo, dan Puskesmas Tigaraksa.
Diungkapkan persiapan akreditasi ini dilakukan sejak bulan Maret dan hingga bulan Oktober. Sementara penilaian oleh surveyor dari Kementerian Kesehatan RI akan dilakukan pada bulan Nopember. “Penilaian dilakukan berikut penetapan kelulusannya,” tambah dr Tri Retno Wulandari.
Sejumlah dokumen yang disiapkan dalam program akreditasi ini terbagi dalam tiga pokja yaitu Pokja Administrasi Manajemen, Pokja Upaya Kesehatan Masyarakat, dan Pokja Upaya Kesehatan Perorangan. “Mudah-mudahan bisa lulus semuanya,” harapnya.
Diinformasikan dalam penyusunan dokumen akreditasi ini sejumlah puskesmas tersebut juga didampingi oleh beberapa petugas dari Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang yang melakukan supervisi.
Kegiatan serupa ini juga dilakukan di dua puskesmas lainnya yaitu di Puskesmas Balaraja dan Puskesmas Curug.

About

You may also like...

Comments are closed.