105 Warga Tak Mampu Dioperasi Katarak Gratis

CURUG – Memeriahkan HUT ke-71 Kemerdekaan RI, Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang bersama Persatuan Dokter Mata Indonesia (Perdami) dan RSU Hermina Bitung menggelar bakti-sosial operasi katarak gratis bagi 105 pasien yang berasal dari keluarga tidak mampu di wilayah Kabupaten Tangerang.

Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari dimulai 12 sampai 14 Agustus 2016. Hari pertama dilakukan screening antara lain pemeriksaan Administrasi, pemeriksaan Tekanan Darah, pemeriksaan Gula Darah Sewaktu (GDS), pemeriksaan Tekanan Intra Okuler (TIO), pemeriksaan ukuran lensa (biometri) dan setelah lulus semua pemeriksaan pasien menandatangani informed concent Pasien yang mendaftar screening jumlah 179 orang, namun setelah dilakukan screening yang lulus ke tahap layanan operasi berjumlah 105 pasien. Hari kedua, 105 pasien yang direncanakan dioperasi hanya 100 orang yang memenuhi syrat untuk dioperasi dan 5 pasien gagal dikarenakan Tekanan Darah dan Tekanan Intra Okuler (TIO) yang tinggi pada saat akan dilaksanakan operasi. Hari ketiga, dilakukan control/ Follow Up post operasi untuk melihat perbaikan visus pasien. Selanjutnya 1 minggu kemudian, pasien yang telah dioperasi katarak dikontol kembali untuk melihat hasil operasi dan perbaikan visus serta apakah ada hal lain yang timbul post operasi katarak. Bila ada pasien post operasi mengalami masalah tersebut pihak Perdami akan menindak-lanjuti dan petugas Puskesmas asal pasien tersebut mendampingi pasien ke RSU Cipto Mangun Kusumo untuk dilakukan pemeriksaan kembali oleh dokter Perdami. ***

 

“Bila semua anjuran dilaksanakan, maka hasil operasi akan baik …” kata dr Sumihar Sihaloho, Kasi Pelayanan Dasar dan Rujukan Pemerintah pada Bidang Pelayanan Kesehatan di Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang.

Dijelaskan kegiatan ini sudah menjadi agenda kegiatan rutin setiap tahun di Seksi Pelayanan Dasar dan Rujukan Pemerintah yang dianggarkan sebanyak 3 kali kegiatan dan kali ini untuk kegiatan kedua kalinya. Kegiatan pertama dilaksanakan 21 April di RSU Hermina Bitung terkait Peringatan Hari Kartini dan peresmian Rumah Sakit tersebut yang diresmikan oleh Bupati Tangerang.

Kegiatan kedua dilaksanakan kali ini di Rumah Sakit Hermina juga dan diharapkan kegiatan ini dapat membantu informasi tentang Rumah Sakit tersebut kepada masyarakat sedangkan kegiatan ketiga direncanakan akan dilaksanakan pada Hari Kesehatan Nasional di bulan November dengan tempat kegiatan masih akan dibahas lebih lanjut ,katanya.

Dalam pelaksanaan baksti-sosial ini Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang menggunakan dana APBD Kabupaten Tangerang dengan jumlah sasaran di setiap kali kegiatannya 70 pasien yang berasal dari keluarga tidak mampu, jika yang lulus operasi lebih dari sasaran 70 pasien , anggarannya akan ditanggung  Perdami dan Rumah Sakit yang ikut kerjasama dalam kegiatan tersebut.

About

You may also like...

Comments are closed.