Klinik Herbal Kini Dibuka Puskesmas Pagedangan

PAGEDANGAN – Puskesmas Pagedangan mulai membuka layanan klinik herbal sebagai salah-satu pelayanan kesehatan masyarakat dengan dokter yang melayani klinik ini adalah dr Hj Ratna Asih Msi.

Hartono SKM, Kasubag TU Puskesmas Pagedangan, Jumat (29/7/2016), mengakui pihaknya baru mulai merintis klinik herbal ini dan memulainya dengan pembinaan kepada masyarakat melalui kegiatan asuhan mandiri. Yaitu puskesmas melakukan pembinaan dan pelatihan kepada keluarga di masyarakat mengenai tanaman obat keluarga (TOGA).

“Keluarga binaan dilatih sehingga apabila anggota keluarga menderita sakit ringan, maka pertolongan pertamanya bisa dengan minum jamu yang berasal dari TOGA yang ada di sekitar rumah,  sehingga tidak langsung meminum obat obatan kimia,” ujarnya.

Ditambahkan Hartono, pelayanan dalam klinik herbal di Puskesmas Pagedangan di antaranya dokter memberikan resep obat herbal untuk pelayanan kesehatannya.

Selain itu di klinik pun ada pelayanan akupresur. Akupresur adalah teknik penyembuhan dengan menggunakan jari-jari tangan ataupun dengan menggunakan alat bantu, dengan cara menekan titik-titik syaraf tertentu pada tubuh. Penekanan pada titik–titik syaraf tubuh itu untuk mengobati penyakit ringan, antara lain : mual, migrain, nyeri sendi, nyeri haid, penyembuhan pasca melahirkan,dll.

Sementara pada akupuntur, teknik penyembuhannya dilakukan dengan menggunakan tusuk jarum di titik-titik syaraf tubuh.

Hartono mengungkapkan untuk lebih mensosialisasikannya kepada para pasien, kader dan petugas Puskesmas Pagedangan, pada hari Jumat di setiap pekannya digelar program minum jamu bersama usai melakukan senam sehat.

“Jamu yang diminum di antaranya jamu stamina, wedang uwuh, dan lain-lain,” ungkapnya.

About

You may also like...

Comments are closed.