Dinkes Dinilai Sukses Bina TOGA RW 04 Pagedangan

PAGEDANGAN – Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang bekerja-sama instansi terkait dinilai telah berhasil melakukan pembinaan kepada masyarakat Sektor III Perumahan Bumi Puspitek Asri di RW 04 Desa Pagedangang, Kecamatan Pagedangan, yang mengembangkan lahan fasilitas sosial terlantar menjadi lahan pengembangan TOGA.
Jangan heran, bila akhirnya kawasan terpadu ini dijadikan titik Penilaian Lomba Pemanfaatan TOGA Tingkat Provinsi Banten. Tim penilaian lomba pun datang ke lokasi untuk memberi penilaian, Senin (25/7/2016).
Tim Penilai Pemanfaatan TOGA Tingkat Provinsi Banten yang datang ke lokasi didampingi Asda III Pemkab Tangerang dan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang menyatakan kekagumannya atas pemanfaatan lahan TOGA yang dikembangkan.
Kedatangan tim sendiri sebelumnya diterima terlebih dahulu di Gedung Pemkab Tangerang. Setelah itu, tim mendatangi lokasi Pengembangan Pemanfaatan TOGA di Sektor III Perumahan Bumi Puspitek Asri di RW 04 Desa Pagedangang.
Keberhasilan pembinaan pengembangan TOGA ini karena warga di perumahan itu dibimbing dinkes dan instansi lain mampu mengkonsentrasikan pemanfaatkan lahan fasilitas sosial  sebagai lahan tidur menjadi lahan produktif.
Di atas lahan seluas 2 hektar itu, kini warga memanfaatkannya menjadi lahan pertanian, tanaman TOGA, buah-buahan, kolam ikan, TPST, taman pendidikan, dan lapangan olahraga.
Berkat tekad yang kuat dari para pengurus RT-RW di sana, kini lahan tidur itu bagai disulap hanya dalam waktu 1 tahun menjadi lahan yang hijau, indah, dan bermanfaat bagi masyarakat. Pengembangan tanaman TOGA, pertanian sayur-mayur, serta peternakan ikan di kolam tersedia, kini mampu menambah kas pengurus.
Selain itu, warga di sana pun kini tidak lagi keseulitan bila ingin menkonsumsi sayur-mayur segar. Mereka tinggal datang ke perkebunan itu, karena di lahan pertanian yang dikembangkan ditanam Terong, Kacang Panjang, Cabe, Tomat, Bayam, Sesim, Labu, dan berbagai macam sayuran lainnya yang siap dipanen.
Hj Nanik Isnaeni Lestari M.Kes, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, berharap lomba pemanfaatan tanaman TOGA ini dapat mengajak anak-anak untuk belajar mengenal bentuk dan pemanfaatan tumbuh-tumbuhan yang ada sekitarnya.
Sementara bagi masyarakat pengembangan TOGA itu dapat menjadi inspirasi untuk mau memanfaatkan pekarangan rumahnya menjadi lokasi media tanam, yang pada akhirnya dapat membantu meningkatkan pendapatan keluarga.

About

You may also like...

Comments are closed.