Dinkes Beri Layanan Verifikasi Kesehatan Haji

CIKUPA – Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang selama 5 hari, 25-29 Juli 2016, memberikan Pelayanan Verifikasi Kesehatan Kepada Jemaah Calon Haji Kabupaten Tangerang dan Pemberian Vaksinasi Maningitis (Menivax SCTW).
Pelaksanaan dua kegiatan itu dilakukan di Rumah Sakit Mulya Insani Cikupa Kabupaten Tangerang. Sementara bagi jemaah calon haji wanita hamil di bawah 14 minggu dan lebih dari 26 minggu tidak diperkenankan mendapat vaksinasi tersebut.
Tahun ini, tercatat sedikitnya 1.629 jemaah calon haji asal Kabupaten Tangerang yang akan berangkat ke tanah suci.  Kini mereka diwajibkan mengikuti verifikasi kesehatan lanjutannya, karena sebelumnya mereka sudah mendapat pemeriksaan kesehatan dari puskesmas masing-masing.
Kegiatan ini sendiri sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 15 Tahun 2016 tentang Istithaah Kesehatan Jemaah Haji, papar dr Ni Wayan Manik Kusmayani, Kabid Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) pada Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, Rabu (27/7/2016).
Dijelaskan ibadah haji merupakan ibadah dengan perjalanan panjang dan banyak kegiatan yang sangat melelahkan fisik. Selain itu, ada juga resiko gangguan kesehatan disebabkan kondisi iklim dan cuaca ekstrim yang berbeda dengan tanah air.
“Oleh karena itu diharapkan para jemaah calon haji harus sudah menjaga kesehatannya di tanah air dan mau berolahraga kecil sejak dini agar setibanya di tanah suci sudah memiliki stamina yang terbaik untuk kelancaran beribadah haji,” ucapnya.

About

You may also like...

Comments are closed.