Lancar Layanan Petugas Kesehatan di Posko Lebaran

TIGARAKSA – Rasa syukur dipanjatkan jajaran petugas kesehatan dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tangerang karena telah melaksanakan tugas pelayanan kesehatan dengan baik di Posko-posko Mudik Lebaran.
Selama dibukanya posko 30 Juni-15 Juli tidak ada insiden yang berkategori berat sehingga memerlukan penanganan khusus untuk para pemudik. Pelayanan yang ada hanya bersifat sederhana yaitu memberi pertolongan pertama bagi pemudik yang kelelahan dan beristirahat.
“Saya bersyukur atas kelancaran pelayanan kesehatan di posko-posko lebaran ini,” kata drg Hj Naniek Isnaeni Lestari M.Kes, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, Kamis (14/7).
Bertepatan masih bersuasana lebaran, maka Hj Naniek pun atas nama pribadi dan dinkes mengucapkan, “Selamat Idul Fitri 1437 Hijriyah, Mohon Maaf Lahir dan Batin” kepada seluruh masyarakat Kabupaten Tangerang.
Diinformasikan puluhan petugas kesehatan dari Dinkes Kabupaten Tangerang memang diperbantukan di Posko-posko Mudik Lebaran yang diberi nama Posko OPS Ramadniya di seluruh wilayah Kabupaten Tangerang.
Para petugas dengan membawa obat-obatan dan peralatan kesehatan bergabung dengan para petugas kepolisian dan unsur lainnya di posko itu. Mereka siap memberi layanan kesehatan kepada para pemudik yang membutuhkan pertolongan pertama dalam perjalanan, di antaranya pemudik yang kelelahan ataupun cedera karena kecelakaan lalulintas.
Selain itu, para petugas kesehatan di posko pun dapat memberikan pertolongan pertama kepada masyarakat lainnya yang membutuhkan pemeriksaan  gangguan kesehatan, yang bahkan bisa dirujuk ke puskesmas atau RS bila memang dibutuhkan tindakan medis lanjutannya.
Sejak awal bertugas hingga masa akhir tugas pelayanan, tercatat petugas kesehatan di posko-posko  mudik telah melayani 6 pasien insiden kecelakaan lalulintas dan kelelahan di perjalanan. Keenam warga itu setelah diberi pertolongan bisa melanjutkan perjalanannya.
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang rajin melakukan pemantauan ke posko-posko mudik lebaran, semisal yang dilakukan dengan meninjau sejumlah posko mudik lebaran pada Senin (4/7). Pada kesempatan itu, Hj Naniek berpesan agar para petugas kesehatan pun menjaga kesehatan tubuhnya sehingga bisa memberi layanan terbaik.
Para petugas kesehatan dalam bertugas pun secara rutin memberi laporan dengan menggunakan Sipkes berbasis internet sehingga terintegarasi langsung ke Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang.

About

You may also like...

Comments are closed.