Hindari Penyakit Tak Menular, Puskesmas Teluknaga Ajak Masyarakat Senam Sehat

BERUPAYA mengurangi angka kematian dan kesakitan akibat Penyakit Tidak Menular (PTM), salah-satunya melalui kegiatan senam sehat. Senam ini malah bila dilakukan bersama secara rutin akan sangat menyenangkan.

Terkait itu, Puskesmas Teluknaga menggencarkan program senam sehat secara rutin, 2 kali dalam sebulan, yang dilaksanakan di 7 desa wilayah kerjanya. Puluhan kaum ibu, terdiri dari kader kesehatan dan masyarakat, pun rajin mengikuti kegiatan ini.

Kepala Puskesmas Teluknaga, drg Husna Meiyanti, kemarin, mengatakan senam sehat bersama ini merupakan salah-satu dari 7 langkah GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) yaitu melakukan aktifitas fisik. Sebab, kurangnya melakukan aktifitas fisik merupakan salah-satu faktor resiko terkena Penyakit Tidak Menular (PTM).

“Senam sehat diikuti banyak orang ini dilaksanakan secara rutin oleh Petugas Promosi Kesehatan. Kegiatannya dilakukan sebanyak 2 kali dalam sebulan ke desa-desa di wilayah kerja Puskesmas Teluknaga,” ujarnya.

Senam sehat ini, ungkap  drg Husna Meiyanti, dapat melatih kebugaran masyarakat dalam meningkatkan kesehatan jasmani. “Kita berharap senam sehat ini bisa terus dilakukan masyarakat untuk meningkatkan kesehatan jasmani, sekaligus dalam upaya mencegah resiko terkena penyakit tidak menular,” tambahnya.

Diinformasikan dalam kegiatan rutin tersebut, juga dilakukan penyuluhan kepada masyarakat mengenai 7 langkah GERMAS yang dapat menjadi panduan menjalani pola hidup yang lebih sehat.

Yaitu: (1) melakukan aktivitas fisik; (2) Membudayakan konsumsi buah dan sayur; (3) Tidak merokok; (4) Tidak mengkonsumsi minuman beralkohol; (5) Melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala; (6) Menjaga kebersihan lingkungan; (7) BAB menggunakan jamban.