Cegah Gizi Buruk & Stunting, Dipantau Tumbuh Kembang Anak di PAUD & TK

PEMANTAUAN tumbuh-kembang anak merupakan salah-satu kegiatan yang penting untuk mendeteksi secara dini kemungkinan ditemukannya penyimpangan pertumbuhkembangan anak yang harus ditangani agar dapat dipulihkan.

Untuk itulah, Puskesmas Salembaran Jaya melakukan kegiatan pemantauan tumbuh-kembang anak di tingkat PAUD dan TK. Semisal kegiatan yang dilakukan di PAUD Tarbiyatul Aulad di Desa Rawa Burung pada  Senin 25 Juli 2022.

Mulyadi, Kepala TU Puskesmas Salembaran Jaya, kemarin, mengatakan dalam kegiatan ini di antaranya meliputi kegiatan penimbangan meriksaan berat badan (BB), mengukur tinggi badan (TB), dan mengukur lingkar kepala (LK).

“Untuk perkembangannya, lalu diuji dengan jawaban kuesioner perkembangan, tes daya dengar dan tes daya lihat,” katanya.

Pada kegiatan di Desa Rawa Burung itu, terdata 23 murid PAUD yang dipantau tumbuh-kembangnya. “Sasaran kami seluruh PAUD/TK di wilayah kerja Puskesmas Salembaran Jaya. Sedikitnya ada 32 sekolah dan rencananya akan selesai Agustus 2022,” tambah Mulyadi.

Diinformasikan pemantauan tumbuh kembang, adalah suatu kegiatan untuk menemukan secara dini adanya penyimpangan pertumbuhan (status gizi  kurang atau buruk, anak pendek), penyimpangan perkembangan (terlambat bicara), dan penyimpangan mental emosional anak (gangguan konsentrasi dan hiperaktif).

Pemantauan tumbuh kembang anak bertujuan untuk mengetahui pertumbuhan dan perkembangan anak serta menemukan secara dini adanya gangguan tumbuh kembang sehingga dapat ditindaklanjuti segera dan agar berhasil dengan baik.