Belum Punya Jamban, Puskesmas Ajak Masyarakat Kontrak Sosial Bangun Jamban

MENYIKAPI masih cukup banyak masyarakat di wilayah Kelurahan Bunder, Kecamatan Cikupa, terutama yang rumahnya berdekatan kali, BABS (Buang Air Besar Sembarangan), Petugas Kesehatan Lingkungan (Kesling) Puskesmas Pasir Jaya gencar menyosialisasikan tentang kesehatan lingkungan.

Semisal, belum lama ini, masyarakat di lingkungan RT 03B/RW 01 Kelurahan Bunder mengadakan pertemuan dalam program Kontrak Sosial Melakukan Tabungan Pembuatan Jamban.

Ambar, Petugas Kesling Puskesmas Pasir Jaya, kemarin, menjelaskan untuk pelaksanaan kegiatan ini pihaknya bekerja-sama dengan kelurahan, pengurus RT/RW, dan tokoh masyarakat.

Program ini penting, karena sampai saat ini masih banyak masyarakat di lingkungan RT itu belum memiliki jamban, karena keterbatasan kepemilikan lahan.

Dalam pertemuan ini, tambah Ambar, “kami menjelaskan tentang Program 5 Pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM).” Di antaranya, dijelaskan pentingnya menjaga kesehatan dengan Kegiatan Stop Buang Air Besar Sembarangan, Cuci Tangan Pakai Sabun di Air Mengalir, Pengelolaan Air Minum dan Makanan Rumah Tangga, Penempatan Sampah Rumah Tangga Yang Baik dan Benar, serta Pengelolaan Limbah Cair Rumah Tangga.

Sementara drg Muslim, Kepala Puskesmas Pasir Jaya, mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu meyakinkan masyarakat pentingnya melakukan kontrak pembuatan jamban di rumahnya masing masing.

“Jika hal ini bisa secepatnya dilaksanakan, maka pencapaian perubahan prilaku kolektif masyarakat ke arah kesehatan yang lebih baik dapat tercapai,” harapnya.