15 Lansia Pondok Jaya Disuluh Gizi Seimbang Oleh Puskesmas Sepatan

MENINGKATKAN gerakan hidup sehat bagi lansia, Puskesmas Sepatan di wilayah Kecamatan Sepatan menggelar Penyuluhan Gizi Seimbang Bagi 15 Lansia di Desa Pondok Jaya.

Kegiatan dilaksanakan Rabu 15 Juni 2022 di Posyandu Kenanga ini terkait program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Kali ini pelaksanaannya diutamakan bagi para lansia.

Pemegang Program Gizi di Puskesmas Sepatan, Farida Hariati, kemarin, menjelaskan dalam menjaga kesehatan para lansia, puskesmas memprogram upaya menjaga kesehatan para lansia. Di antaranya memantau berat-badan lansia di setiap bulan, melakukan cek kesehatan dan memantau pola makan.

Menjaga pola makan sangat penting bagi kesehatan para lansia, yaitu dengan keharusan mengkonsumsi gizi seimbang dan beraneka ragam seperti yang tergambar dalam program Isi Piringku, jelasnya.

Pada kegiatan itu juga diberikan contoh pengolahan menu untuk lansia berkaitan dengan gizi seimbang, sesuai program isi piringku. Yaitu mengolah makanan pokok atau nasi, lauk-pauk, sayuran dan buah-buahan.

Selanjutnya para lansia juga diharapkan dapat menghindari kebiasaan merokok, melakukan kegiatan olahraga ringan minimal 30 menit setiap harinya, serta menghindari stress.

“Kami berharap melalui kegiatan ini, para lansia dapat meningkatkan pengetahuan tentang gizi seimbang dan mampu menerapkan pola hidup sehat di setiap harinya,” pungkas Bidan Farida Hariati.