Petugas Puskesmas Kelapa Dua Kembali Lakukan Pendataan PIS-PK

SETELAH sempat terhenti memberi layanan kunjungan rumah dalam menyukseskan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK) disebabkan Pandemi Covid-19, kini Petugas Puskesmas Kelapa Dua di wilayah Kecamatan Kelapa Dua kembali melakukan tugas tersebut.

Kali ini, sasaran pendataan PIS-PK dilakukan untuk wilayah Cluster  Bery-l di RW 017 Kelurahan Pakulonan Barat.

Kepala Puskesmas Kelapa Dua, drg Rr Truly Kartikawatie, kemarin,  mengatakan kegiatan pendataan ini memang dilakukan dengan kunjungan ke rumah-rumah masyarakat. Sehingga membutuhkan kesabaran dan tekad kuat dari para petugas karena tidak semua masyarakat yang dikunjungi mau menerima dengan baik.

“Namun disyukuri untuk wilayah ini, para petugas mendapat dukungan dan respon baik dari pengurus RW/RT, sehingga saat kunjungan tidak mengalami  kendala,” katanya.

Untuk pendataan di lingkungan RT 03 & RT 04 sudah selesai dilaksanakan sebanyak 81 KK, katanya. “Nanti akan dilanjut ke RT 05 dan wilayah yang belum dilakukan pendataan PIS PK,” tambah drg Rr Truly Kartikawatie.

Dalam pendataan, keluarga yang dikunjungi dilakukan pengukuran tekanan darah dan tes kesehatan lainnya. Selain itu, tentu saja, dilakukan tanya-jawab untuk pengisian Kuesioner Profil Keluarga Sehat.

Untuk data Paket Informasi Keluarga (Pinkesga) diisi pertanyaan seputar  Sanitasi, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, TB Paru, Hipertensi, Program KB, ASI Eksklusip, Imunisasi Dasar Lengkap, dan pemantauan pertumbuhan balita.

Diungkapkan Kepala Puskesmas Kelapa Dua, pendataan PIS-PK akan terus dilanjutkan hingga mencapai 100%. Dengan tujuan untuk bisa memudahkan penggambaran kondisi lingkungan atau keluarga sehat secara nyata.

“Sehingga nanti akan diketahui jumlah dan presentase keluarga sehat, pra-sehat, dan tidak sehat di wilayah kerja Puskesmas Kelapa Dua, pungkas drg Rr Truly Kartikawatie.