Puskesmas Teluknaga Bongkar Jamban Helikopter & Bangun Jamban Sehat

PUSKESMAS Teluknaga di wilayah Kecamatan Teluknaga menggelar Gerakan Pembongkaran Jamban Helikopter di Desa Kampung Melayu Barat, belum lama ini.

Jamban helikopter adalah sebutan yang umum digunakan masyarakat untuk jamban yang berada di pinggir sungai yang biasanya hanya ditutupi anyaman bambu. Sedikitnya 9 jamban helikopter di desa itu dibongkar petugas puskesmas dibantu masyarakat.

Pemegang Program Kesehatan Lingkungan di Puskesmas Teluknaga, Jatmiko, kemarin, mengutarakan sebelum dilakukan pembongkaran pihaknya telah menjalin komunikasi dengan masyarakat.

“Di antaranya adanya stimulan bagi 26 keluarga yang akan dibangunkan jamban sehat di rumahnya masing-masing,” ujarnya. Stimulan bantuan dari pemerintah pusat itu selanjutnya dipadu dana swadaya masyarakat dan beberapa donatur.

Selain itu, Jatmiko juga mengungkapkan adanya program percepatan pembentukan Desa ODF (Open Defecation Free) atau biasa disebut Desa Bebas Buang Air Besar Sembarangan (BABS).

“Program ini kami lakukan di Desa Kampung Melayu Timur, di mana telah terbangun 89 titik jamban sehat dengan sistem septic-tanknya,” tambahnya. Sumber dana didapatkan dari stimulan pemerintah pusat, swadaya masyarakat dan donatur.

Dia menjelaskan di Desa Kampung Melayu Timur, saat ini sudah tidak adalagi Jamban Helikopter. Terkait program ini, akhirnya mendapatkan penghargaan dari Bupati Tangerang sebagai Desa Stop Buang Air Besar Sembarangan pada 2021.

“Di 2022 kami berrencana menggelar kegiatan serupa di Desa Kebon Cau, dengan target sebanyak 45 titik jamban sehat berseptic-tank,” pungkasnya.