Puskesmas Bojong Kamal Gelar SGM dan Suluh Hepatitis Akut di SD

PROGRAM Sikat Gigi Massal (SGM) untuk murid SD yang sejak 2 tahun tertunda karena Pandemi Covid-19, dilaksanakan kembali oleh Puskesmas Bojong Kamal pada Senin 30 Mei 2022.

Program ini dilaksanakan di SDN 2 Babat di wilayah Kecamatan Legok. Dalam pelaksanaannya, kegiatan SGM dibarengi dengan Penyuluhan Hepatitis (Infeksi Hati) Akut pada anak yang sampai saat ini masih belum diketahui penyebabnya.

Disyukuri pelaksanaan kegiatan ini mendapat dukungan pihak sekolah, Kepala Desa Babat, Ibu PKK Desa Babat, dan Forkopimcan Desa Babat, ungkap drg Made Kusuma Dewi, Kepala Puskesmas Bojong Kamal, kemarin.

Dijelaskan dalam program ini disampaikan pentingnya melaksanakan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), tidak bertukar tempat minum dan makanan, serta tidak bergantian menggunakan sikat gigi yang sama.

“Diharapkan kegiatan ini bisa menumbuhkan disiplin kepada anak- anak sejak dini tentang PHBS,” katanya.

Sementara Hepatitis Akut pada anak, ungkap kepala puskesmas, sampai saat ini masih misterius dan belum diketahui penyebabnya. Namun bila ada gejala mual, muntah, diare, sakit-perut, demam ringan dan mengalami penurunan kesadaran, “jangan panik, langsung dibawa ke rumah-sakit dengan fasilitas ICU anak.”

Untuk tindakan pencegahannya, kata drg Made Kusuma Dewi, diharapkan masyarakat harus bisa menjaga daya-tahan tubuh dan menjalankan PHBS.