Masuki Usia 1 Tahun, Senam Yobuligar Bantu Kelancaran Persalinan Bumil

PROGRAM Yoga Ibu Hamil Sukawali Bugar (Yobuligar) yang dilaksanakan Puskesmas Sukawali kini telah memasuki usia 1 tahun. Pihak puskesmas pun mengadakan perayaannya dengan menghadirkan Kue Ulang Tahun dalam perayaannya bersama para peserta senam ini.

Pada Sabtu 27 Mei 2022, Kue Tart Ulang Tahun berhiaskan lilin berbentuk angka 1 dibakar dan ditiup bersama-sama para peserta senam yoga. Kegembiraan pun menyeruak di acara yang memang bernilai spesial bagi kelompok senam ini.

Hadir Kepala Puskesmas Sukawali, dr Abdul Yayi didampingi Pemegang Program Yobuligar, Bidan Tatik Nurdianingsih, dan seluruh anggota Yobuligar. “Selamat ulang tahun Yobuligar, sehat semua anak dan ibunya,” seru mereka bersamaan sebelum meniup lilin kue ulang tahun.

Kepala Puskesmas Sukawali, dr Abdul Yayi, kemarin, menyampaikan rasa syukurnya atas program ini yang telah bisa berjalan selama 1 tahun dengan baik. Dia berharap program ini dapat terus dilaksanakan agar para ibu hamil di wilayah kerja Puskesmas Sukawali selalu sehat, bugar dan bersalin lancar.

Diungkapkan Program Yobuligar pada mulanya hanya diikuti 8 orang saja, namun seiring waktu terus meningkat jumlah pesertanya, hingga saat ini berjumlah sedikitnya 30 orang. “Sementara jika dirata-rata angka persalinan di puskesmas ini, per bulannya berkisaran 30 orang,” ungkap dr Abdul Yayi.

Sementara Bidan Tatik Nurdianingsih, Pemegang Program Yobuligar, menambahkan data menunjukkan rata-rata peserta Yobuligar Puskesmas Sukawali menjalani persalinan yang lancar. Karena dalam Yobuligar diajarkan tata-cara pelatihan pernapasan, teknik posisi bersalin yang aman, dan keseimbangan tubuh.

Kegiatan ini juga diharapkan mampu merangsang imun tubuh, berpikir positif, menambah wawasan, relaksasi bumil, serta pada akhirnya bisa menjadi bahan sosialisasi sesama bumil menuju persalinan aman, nyaman dan lancar.

Salah-satu peserta Yobuligar, Masriyah, mengaku sebelumnya dia seringkali mengalami sakit dan kram pada kehamilannya. Namun setelah rutin mengikuti Yobuligar, langsung hilang rasa sakitnya.

“Alhamdulillah, pada saat itu, saat pagi harinya ikut senam Yobuligar, tiba-tiba mulas, kontraksi, dan sorenya langsung melahirkan di puskesmas ini secara lancar,” kenangnya pada saat persalinannya.