Bupati Tangerang Salah-satu dari 47 Bupati/Walikota dengan Daerah Bebas Frambusia

BUPATI Tangerang H Ahmed Zaki Iskandar ditetapkan menjadi salah-satu dari 47 Bupati/Walikota se-Indonesia yang telah membawa Kabupaten Tangerang, daerah yang dipimpinnya, Bebas Frambusia.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang yang mewakili Bupati Tangerang menerima sertifikat penghargaan yang diberikan Kemenkes RI melalui Direktur Jendral Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) pada Peringatan Hari Malaria Sedunia Tahun 2022 di Mandalika, Kuta Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Selasa (31/5/2022).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, dr Hj Desiriana Dinardewanti MARS, kemarin, menyampaikan pertama-tama dia mengucapkan terima-kasih kepada Kementerian Kesehatan RI yang telah memberikan Sertifikat Bebas Frambusia pada Kabupaten Tangerang.

“Ini adalah salah-satu bentuk pengakuan Kementerian Kesehatan RI terhadap Pemerintah Kabupaten Tangerang yang telah terbebas dari Penyakit Frambusia,” katanya sambil menyebutkan penilaiannya sendiri telah dilakukan selama 6 bulan sejak tahun 2021.

“Semoga penghargaan ini menjadi bahan memotivasi kami bersama lintas sektor dan masyarakat untuk bersama-sama menjaga dan mempertahankan kepercayaan ini,” tambahnya.

Dikatakan Dinas Kesehatan bersama lintas program yang didukung para kader kesehatan akan terus mengajak masyarakat menjalankan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di setiap harinya. Tujuannya agar masyarakat tetap sehat, bersemangat, dan berperan aktif untuk mengenali gejala Penyakit Frambusia.

Lebih lanjut disampaikan, “kami akan tetap bekerja-sama dengan seluruh lintas sektor untuk berkomitmen tetap mempertahankan Pelaporan Nol Kasus Frambusia demi tercapainya Indonesia Bebas Frambusia Tahun 2024.”

Frambusia sendiri adalah Penyakit Infeksi Tropis Pada Kulit, Tulang dan Sendi.