60 JCH Ikuti Tes Kebugaran & Kesehatan Dengan Berjalan Kaki Sejauh 1600 M

MENINGKATKAN kualitas kesehatan jamaah calon haji (JCH), Puskesmas Cikupa mengadakan kegiatan tes kebugaran dan kesehatan JCH dengan metode rock-port yaitu tes dengan berjalan kaki sepanjang 1600 meter.

Cara ini dilakukan untuk mengukur kebugaran seseorang dalam hal ini JCH, khususnya terkait jantung. Kemarin, sedikitnya 60 JCH mengikuti kegiatan ini dengan berjalan kaki berkeliling di halaman parkir Gedung Puskesmas Cikupa.

Kepala Puskesmas Cikupa, drg Lely Aryuni, menjelaskan kegiatan ini sebagai salah-satu cara untuk mempersiapkan para JCH mengetahui kebugaran fisik dan kekuatan jantung. Pengetahun ini penting mengingat pelaksanaan ibadah haji adalah ibadah yang membutuhkan fisik yang kuat.

Oleh karena itu, sejak jauh-jauh hari harus dicek kesehatannya dan agar bisa melakukan latihan di rumahnya masing-masing di setiap harinya, katanya.

Selain dicek kebugaran jasmaninya, para JCH juga dites Kuesioner IPAQ (International Physical Activity Questionnaire) dan tes aktifitas fisik untuk mengetahui tekanan darah.

“Alhamdulillah hasil cek-tesnya, para jamaah calon haji dinyatakan baik. Semoga ini bisa dipertahankan dengan mereka terus berolah-raga berjalan kaki di setiap hari di rumahnya,” pungkas drg Lely Aryuni.