Reaksi Cepat-tanggap Covid-19 Diutamakan Puskesmas Pasir Nangka

PETUGAS Kesehatan Puskesmas Pasir Nangka memberi reaksi cepat-tanggap melaksanakan penanganan kasus Covid-19. Di antaranya, bila ada warga terpapar virus itu langsung warga yang berhubungan erat dengan pasien dilakukan tracing swab.

Dalam melakukan kegiatan ini, disyukuri pihak puskesmas mendapat dukungan penuh dari kecamatan, kepala desa/kelurahan, karang taruna, kader kesehatan, tokoh masyarakat, dan masyarakat.

Kepala Puskesmas Pasir Nangka, dr Herlin, kemarin, menjelaskan kasus positif Covid-19 di wilayah kerjanya yang sempat diisolasi sebanyak 72 orang dan meninggal dunia 4 orang.

Namun, disyukuri saat ini tersisa 10 orang lagi yang masih dalam suasana isolasi, sementara yang lainnya sudah dinyatakan sembuh dan bisa beraktifitas kembali.

“Saya berharap masyarakat tidak panik dalam menghadapi kasus ini. Bila di lingkungannya ada yang terpapar Covid-19, tetap waspada dengan menerapkan 4M dan berharap masyarakat bisa membantu keluarga yang terdampak dengan menyediakan bahan pokok kesehariannya,” kata dr Herlin.

Selain itu, masyarakat pun diharapkan bisa berkoordinasi dengan puskesmas jika ada kasus dugaan Covid-19 di lingkungannya, agar pihak puskesmas bisa melakukan penangannya sekaligus tracing kepada orang-orang yang telah kontak-erat dengan pasien.