Puskesmas Tigaraksa Gelar Pembinaan dan Pembentukan KP-ASI

PETUGAS Kesehatan Puskesmas Tigaraksa terus melakukan pembinaan dan pembentukan Kelompok Pendukung ASI (KP-ASI) untuk wilayah Kelurahan Tigaraksa, Kelurahan Kedaung dan Desa Margasari.

Diharapkan dengan pembentukan KP-ASI, para kadernya akan lebih memahami tentang tata-cara pemberian makanan tambahan (PMT) kepada para ibu hamil KEK (Kekurangan Energi Kronis) dan pemberian PMT pada balita gizi kurang.

“Ini adalah salah-satu cara masyarakat bersama pemerintah untuk mencegah dan menurunkan angka stunting di banyak wilayah,” kata drg Hj Eko Hartati MARS, Kepala Puskesmas Tigaraksa, Senin (26/10/2020).

Dijelaskan kegiatan inipun untuk memberikan pembinaan kepada kader kesehatan dan ibu hamil agar bisa memahami tata-cara memberikan asupan gizi pada janin yang ada dalam kandungannya.

Di dalam KP-ASI, tambah drg Hj Eko Hartati MARS, semua ibu hamil diberikan pembinaan dan pengetahuan dasar seputar kesehatan dan makanan yang bergizi untuk ibu hamil.

“Bila semua ini diterapkan di masing-masing rumah ibu hamil secara konsisten, maka ke depan angka stunting bisa terkikis,” ucapnya.

Lebih lanjut disampaikan, stunting dapat terjadi karena asupan gizi dalam kandungan tidak seimbang. Ciri anak stunting di antaranya perawakannya pendek dari anak normal seusianya dan memiliki keterlambatan berpikir.