Dibentuk Desa Siaga Kesehatan Jiwa Kosambi Dalam

MEMBENTUK Desa Siaga Kesehatan Jiwa (Keswa) di Kecamatan Mekar Baru menjadi prioritas Puskesmas Mekar Baru. Para Kader Desa Siaga Keswa yang dibentuk selanjutnya akan membantu pemerintah menciptakan desa yang sehat jiwa masyarakatnya.

Misalnya pada Kamis (22/10/2020), dibentuk Desa Siaga Keswa Kosambi Dalam, yang pembentukannya dihadiri Pejabat Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, dr Spesialis Jiwa Uliandri SpKj, Kepala Puskesmas Mekarbaru, Lurah Kosambi Dalam, tokoh masyarakat, pengurus RT-RW, kader keswa, bidan desa dan masyarakat.

Setelah itu, dibentuk Kepengurusan Desa Siaga Keswa, yang lalu disusul para kadernya diberikan pembinaan dan diajak melakukan kunjungan langsung ke rumah ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa) sebagai pemahaman  pemeriksaan kesehatannya.

HM Bachtiar KSM MSi, Kepala Seksi P2PTM Keswa di Dinas Kesehatan yang kini dimutasi menjadi kepala bidang di DPPKB, menjelaskan pembentukan desa siaga keswa ini membutuhkan kepedulian elemen masyarakat pada kesehatan jiwa masyarakat di desanya.  

“Para petugasnya bersama masyarakat mau peduli untuk melakukan  penanganan cepat bila menemukan ODGJ sehingga akan lebih cepat preses penyembuhannya,” ucapnya.

Selanjutnya disampaikan ucapan terima-kasih dirinya kepada seluruh tim dan masyarakat yang selama ini bisa bekerja sama dalam pembinaan desa-desa siaga keswa.

“Saya pun menyampaikan permohonan maaf bila masih ditemukan kekurangan dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan,” pungkasnya.