Kesehatan Warga 3 Desa di Ujung Kresek Terbantu Keberadaan Pustu Kemuning

PUSKESMAS Pembantu (Pustu) Kemuning yang membantu pelayanan kesehatan masyarakat yang dilaksanakan Puskesmas Kresek, kini keberadaannya sangat dibutuhkan masyarakat Desa Kemuning, Desa Rancailat, dan Desa Talok.

Jumlah penduduk dari 3 desa itu mencapai sedikitnya 16.234 penduduk. Bagian dari penduduk ini di setiap harinya meminta layanan kesehatan di Poli Umum, Poli Gigi, Poli Anak,  Poli KIA, dan Poli KB yang ada di Pustu Kemuning.

Di setiap harinya pustu ini bisa memberikan pelayanan kesehatan rata-rata mencapai 100 orang, ungkap dr Ahmad Royani, Kepala Puskesmas Kresek, kemarin.

Diakuinya keberadaan Pustu Kemuning memang sangat membantu masyarakat 3 desa untuk mendapat layanan kesehatan karena letaknya berdekatan dengan penduduk di 3 desa itu.

Sebelumnya masyarakat di 3 desa tersebut bila ingin berobat harus pergi ke Puskesmas Kresek yang jaraknya relatif jauh, sehingga memerlukan ongkos perjalanan yang cukup besar.

Bagi pasien yang membutuhkan penanganan lebih intensif pun, kata dr Ahmad Royani, Pustu Kemuning siap merujuknya ke Puskesmas Kresek atau ke RS.