Ibu Hamil Wajib Rapid-tes Sebelum Dilayani PONED Panongan

MASA Pandemi Covid-19, PONED Puskesmas Panongan tetap memberikan pelayanan kepada ibu hamil dan ibu melahirkan, meskipun dilakukan secara berbeda yaitu para pasien diwajibkan menjalani rapid-tes terlebih dahulu untuk mendeteksi paparan Virus Covid-19.

Kepala Puskesmas Panongan, drg Farah Segeir, Sabtu (17/10/2020), mengutarakan hal ini dilakukan sebagai pencegahan penularan Virus Covid-19 yang bisa  saja dibawa pasien sehingga bisa memungkinkan pula menulari petugas kesehatan dan warga lainnya.

“Pelayanan PONED memang ada untuk menolong para ibu hamil yang akan melahirkan bayi,” katanya.

Selanjutnya, bila ada pasien terdeteksi Reaktif Covid-19 setelah menjalani rapid-tes, maka segera mendapatkan penanganannya dengan pihak puskesmas langsung merujuknya ke rumah sakit.

Diakui drg Farah Segeir, tindakan ini dilakukan karena peralatan yang dimiliki puskesmas masih terbatas dalam penanganan ibu hamil atau ibu melahirkan terpapar Covid-19.

“Oleh karena itu, sangat diharapkan pihak RS rujukan bisa menerima pasien PONED yang Reaktif Covid-19, yang memang membutuhkan pertolongan rumah sakit,” pungkasnya.