Jaga Kesehatan Balita, Puskesmas Kunjungi Rumah Balita Berikan Vitamin A

MENJAGA kesehatan balita di wilayah kerjanya, Petugas Kesehatan Puskesmas Pasir Jaya di Kecamatan Cikupa, Kabupaten Tangerang, terus melakukan kunjungan rumah keluarga balita untuk memberikan Vitamin A.

Sesuai program, Balita Usia 6-59 bulan yang belum mendapatkan Vitamin A pada bulan Agustus dan September, harus mendapatkannya di bulan ini. Pelaksanaan kegiatan ini terkait pemberian Vitamin A di bulan tersebut tak seluruhnya bisa dilaksanakan di posyandu-posyandu untuk menghindari terjadinya kerumunan di masa Pandemi Covid 19.

Kepala Puskesmas Pasir Jaya, dr Ai Siti Zakiah, Jumat (9/10/2020), mengutarakan pemberian Vitamin A sangat penting bagi kesehatan dan tumbuh-kembang balita, sekaligus untuk menjaga imunitas tubuh balita di masa Pandemi Covid 19.

“Jadi sangat disayangkan bila balita tidak mendapat suplemen ini. Pemberian Vitamin A sendiri hanya diberikan setahun dua kali, di setiap Febuari dan Agustus,” terangnya.

Oleh karena itu, tambah dr Ai Siti Zakiah, “para petugas kami terus bekerja-sama dengan bidan desa melakukan pemantauan kepada balita yang belum mendapatkan Vitamin A.”

Lebih lanjut disampaikan, para petugas gizi puskesmas pun selain melakukan pemberian suplemen tersebut, juga melakukan pengawasan balita yang kekurangan gizi dan gizi buruk.

“Ini perlu dilakukan karena kegiatan posyandu di masa Pandemi Covid-19 memang tidak diaktifkan sehingga posynaud-posyandu agak kesulitan melakukan pemantauan status gizi balita yang ada,” pungkas dr Ai Siti Zakiah.