Puskesmas Jl Kutai Bersama Aparat Kelurahan Terus Suluh Cegah Covid-19

PETUGAS Puskesmas Jl Kutai bersama Aparatur Kelurahan Bencongan Indah di Kecamatan Kelapa Dua, terus melaksanakan penyuluhan Cegah Sebaran Virus Covid-19. Kegiatan ini dilakukan dengan menerpa kesadaran masyarakat untuk mematuhi Protokol Kesehatan Cegah Covid-29.

Di antaranya, di lingkungan gedung puskesmas, para Petugas Puskesmas Jl Kutai di setiap pagi hari secara rutin menggelar Penyuluhan Cegah Virus Covid-19 kepada masyarakat yang berada di ruang tunggu puskesmas, mulai pukul 09.00 sampai pukul 09.30. 

Kemudian, jajaran puskesmas dengan dipimpin Kepala Puskesmas Jl Kutai bersama Lurah Bencongan Indah melakukan penyuluhan Cegah Sebaran Virus Covid-19 ke wilayah-wilayah. Seringkali para petugas inipun melakukan tindakan hukum bagi pengguna jalan di depan kantor kelurahan yang tak memakai masker.

Kepala Puskesmas Jl Kutai, drg Trully Kartikawatie, Senin (28/9/2020), menjelaskan kegiatan ini sebagai salah-satu pelaksanaan kepedulian pemerintah kepada masyarakat agar tidak tertular Virus Covid-19, mengingat wilayah mereka termasuk Zona Merah Covid-19.

“Oleh karena itu, kami terus melakukan penyuluhan kepada masyarakat, biar timbul kesadaran masyarakat untuk melindungi diri dan keluarganya pada kemungkinan tertular Covid-19,” katanya.

Semua pihak, tambah drg Trully Kartikawatie, menginginkan permasalahan ini bisa cepat berakhir, “karena sudah banyak merugikan kita, baik dari sisi kesehatan, pendidikan maupun sisi perekonomian.”

Padahal pandemi ini bisa distop dengan kesadaran masyarakat untuk bisa melaksanakan Protokol Kesehatan Covid-19, berupa melaksanakan 3-M. Yaitu: (1) Memakai masker setiapkali keluar rumah; (2) Menjaga jarak aman untuk tidak saling bersentuhan; (3) Mencuci tangan memakai sabun di air mengalir.

Lalu, menjaga imun tubuh agar tetap bugar dan sehat dengan melaksanakan olahraga di setiap hari secara teratur serta memakan makanan bergizi. 

“Bila hal ini bisa dilaksanakan dengan penuh kesadaran maka kita akan dapat menghentikan Pandemi Covid-19,” ucapnya.