Masyarakat Diajak Waspadai Penularan DBD, Selain Mewaspadai Covid-19

DI MASA Pandemi Covid-19, para Petugas Puskesmas Cisoka bersama aparat kecamatan dan lintas sektor, mengingat masyarakat untuk mewaspadai lingkungan mereka agar tidak menjadi lokasi penularan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

Salah-satu kegiatan yang dilakukan adalah dengan mengajak masyarakat melakukan pemeriksaan jentik di tempat-tempat penampungan air dan kembali mengaktifkan Kader Jumantik  di setiap wilayah dan membentuk Kader Jumantik di setiap rumah.

Kepala Puskesmas Cisoka, dr Dwi Endah Putrianti, Senin (28/9/2020), mengakui memang di wilayah kerjanya belum ada kasus masyarakat terkena DBD. “Namun untuk menjaga dan mengantisipasi hal tersebut, kami melakukan sosialisasi cegah DBD.”

Dinilainya pembinaan para Kader Jumantik dan mengajak masyarakat untuk terus mewaspadai lingkungan dengan melakukan pemeriksaan jentik di tempat-tempat penampungan air, melakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN), dan menebarkan abate, sangatlah penting.

“Dalam kegiatan ini, kami bekerja-sama dengan aparat pemerintah di kecamatan, kelurahan/desa, Binamas dan Babinsa, serta masyarakat, karena tanpa ada dukungan dan kerjasama ini tentu akan sulit untuk mencapai keberhasilannya,” ucap dr Dwi Endah Putrianti.

Lebih lanjut disampaikan puskesmas sangat berharap masyarakat tetap menjaga kebersihan lingkungan dan tetap mematuhi Protokol Kesehatan Covid-19 dengan melaksanakan 3-M.

Yaitu: (1) Memakai masker setiap kali keluar rumah; (2) Menjaga jarak aman untuk tidak saling bersentuhan; (3) Mencuci tangan memakai sabun di air mengalir.