Hampir Setiap Hari Petugas Puskesmas Kelapa Dua Antar OTG ke Hotel Singgah

PETUGAS Puskesmas Kelapa Dua kini disibukan dengan kegiatan mengantar Orang Tanpa Gejala (OTG) Covid-19 sejak dibukanya Hotel Singgah Covid-19 di wilayah Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang pada 17 September 2020.

Tercatat pada 17 September pihak puskesmas telah mengantar 3 orang, lalu 19 September mengantar 3 orang lagi, tanggal 21 September mengantar 9 orang, tanggal 22 September mengantar 3 orang, dan tanggal 23 September mengantar 4 orang.

Dari semua OTG yang dibawa ke Hotel Singgah, ada 3 OTG dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang.

Sementara OTG dengan gejala positif langsung dirujuk ke RS Siloam, RS Qadr, dan Mitra Keluarga Gading Serpong. Disyukuri dari pasien dirujuk ke RS, hasilnya 3 pasien sudah dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang.

Kepala Puskesmas Kelapa Dua, dr Tri Retno Wulandari, Kamis (24/9/2020), menuturkan para petugas puskesmas kini hampir di setiap harinya disibukan dengan membantu langsung permasalahan Covid-19.

“Setiap kali ada laporan dengan data yang lengkap, petugas kami langsung tracing ke rumah pasien,” katanya. “Hal ini kami lakukan untuk dapat memutus mata-rantai penularannya kepada yang lain.”

Namun dia bersyukur dengan adanya Hotel Singgah Covid-19 dan rumah sakit yang menerima Pasien OTG dan terkonfirmasi Positif-19, perbantuan puskesmas menjadi lebih mudah karena pasien yang dibawa dapat segera ditangani petugas yang menangani Covid-19.

“Ya mudah-mudahan kondisi pandemi ini bisa segera berakhir…” pungkas dr Tri Retno Wulandari