Cegah DBD, Puskesmas Tigaraksa Beri Pemahaman PSN & 3M Plus

MENCEGAH terjadinya kasus DBD, Puskesmas Tigaraksa menggelar penyuluhan tentang Demam Berdarah Dengue (DBD) kepada masyarakat dan jumantik yang dilaksanakan di Aula Puskesmas Tigaraksa pada 17 September 2020.

Tujuan dari kegiatan ini, selain sebagai antisipasi dan pencegahan terjadinya kasus DBD, juga menyadarkan masyarakat ada penyakit lain selain Covid-19, yang harus diwaspadai masyarakat.

Mencegah DBD sendiri, kata dia, masyarakat wajib melaksanakan kebersihan lingkungan, melaksanakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN), dan kader jumantik kembali mengajak masyarakat untuk memantau jentik nyamuk di rumahnya masing masing.

Kepala Puskesmas Tigaraksa, drg Hj Eko Hartati MARS, kemarin, mengakui di bulan September ada 1 kasus DBD di Desa Kaduagung dan kini sudah dapat ditangani dan pasiennya pun sudah sehat kembali setelah dirawat di RS.

Untuk itu, sebelum kasus DBD bertambah, pihak puskesmas mengajak masyarakat mulai dari tingkat RT-RW untuk bersama-sama melakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) dan melakukan 3M Plus (menguras, menutup, mengubur barang bekas, dan menghindari gigitan nyamuk dengan menggunakan lotion anti nyamuk.

Dalam melakukan pencegahan penyakit DBD ini, ungkap drg Hj Eko Hartati MARS, harus dilaksanakan bersama-sama yang melibatkan instansi pemerintah dan peran-serta masyarakat secara aktif.